fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

KSB Kembali Terima Dana Hibah Program PKP-SPM DIKDAS

Taliwang,  KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) dilaporkan telah mendapat dana hibah untuk Program Pengembangan Kapasitas Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (PKP-SPM DIKDAS) sejak tahun 2015 lalu. Dalam program ini, total dana hibah yang diterima sebesar Rp 2,5 miliar.

Kepala Sub Bidang Sosial Budaya pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Budi Sunarko SE, menyatakan, berdasarkan hasil koordinasi dan konsultasi yang dilakukan belum lama ini dengan Tim PKP-SPM Pusat pada Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyebutkan, KSB diberi kesempatan lagi mengikuti perpanjangan program PKP-SPM Dikdas hingga Desember 2017 mendatang. Hal ini karena dalam penilaian mereka, KSB termasuk dalam kabupaten katagori A, yaitu kabupaten yang memiliki kinerja baik dengan serapan anggaran dana hibah kumulatif  lebih dari 80 % selama tahun 2015 – 2016.

“Atas penilaian itu, Kabupaten Sumbawa Barat kembali akan memperoleh tambahan dana hibah sebesar Rp 300 Juta, diluar dari sisa dana yang belum digunakan sampai dengan akhir tahun 2016. Pak Bupati bahkan telah menandatangani Surat Pernyataan bersedia menerima perpanjangan penggunaan dana hibah ini sampai tahun 2017 mendatang,” terangnya.

Bebernya, ditaksir capaian serapan anggaran untuk program tersebut sampai Desember 2016 sekitar Rp 2.182.500.000 (87,3%). Sehingga sisa anggaran yang akan dioptimalisasi pada tahun 2017 sebesar Rp 317.500.000, ditambah dana hibah tahun 2017 sebesar Rp 300.000.000.

Budi mengungkapkan, agar pelaksanaan program tersebut berjalan dengan baik, saat ini tim teknis sedang menyusun roadmap SPM Pendidikan Dasar tersebut. Roadmap itu nantinya akan digunakan sebagai dasar menata pelayanan di pendidikan dasar.

Melalui program ini, tambah Budi, kiranya kualitas standar pelayanan mutu pendidikan di Kabupaten Sumbawa Barat dapat terus ditingkatkan. Kemampuan para guru merupakan kunci dalam pencapaian target tersebut, termasuk dalam meningkatkan kapasitas  dan kualitas.

“Kemampuan para Guru merupakan kunci sukses dalam mencapai target peningkatan kualitas pelayanan mutu pendidikan ini. Terlebih dengan upaya Pemkab untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dengan menggelontorkan banyak program pendidikan, kiranya dapat disinergikan dengan baik dan benar,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Program PKP-SPM DIKDAS ini merupakan perpaduan kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lembaga donor (Uni Eropa dan ADB). Tujuannya untuk memperkuat kapasitas pengelola pendidikan baik pelayanan pendidikan dasar oleh kabupaten/kota maupun pelayanan pendidikan dasar oleh satuan pendidikan (sekolah/madrasah). Program itu diatur dalam Permendiknas Nomor 15 Tahun 2010 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013, perubahan atas Permendiknas Nomor 15 Tahun 2015, tentang standar pelayanan minimal pendidikan dasar di kabupaten/kota, bahwa penyelenggaraan pendidikan dasar sesuai SPM merupakan kewenangan dan tanggung jawab kabupaten/kota dan wajib melakukan pengembangan kapasitas untuk mencapai SPM. Sedangkan kementerian pendidikan dan kebudayaan memfasilitasi pengembangan kapasitas melalui peningkatan kemampuan sistem kelembagaan, personal dan keuangan baik tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/kota dan satuan pendidikan.

“Dana hibah ini diberikan kepada ratusan Kabupaten/kota yang telah terpilih berdasarkan kriteria yang ditetapkan,  dan Kabupaten Sumbawa Barat merupakan salah satu penerima bantuan. Sesuai Permendiknas tentang SPM Pendidikan Dasar tersebut pemenuhan kebutuhan dasar pendidikan dasar harus ditandai dengan tersedianya sarana prasarana pendidikan yang layak, pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan kompeten, kurikulum yang baik, sistem penilaian pendidikan yang baik, penjaminan mutu pendidikan yang baik dan manajemen sekolah/madrasah yang mantap,” demikian Budi Sunarko. (*)

Don`t copy text!