BAPPEDA Kebut Rancangan RPJMD

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

amry-rahman

BAPPEDA Kebut Rancangan RPJMD

Taliwang, KOBAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa Barat saat ini tengah menuntaskan rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021. Penyusunan RPJMD ini menyikapi penjabaran visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, DR Ir H W Musyafirin MM – Fud Syaifuddin ST, lima tahun ke depan.

“Ya, rancangan RPJMD saat ini tengah dalam finalisasi. Dalam rancangannya, seluruh SKPD melakukan berbagai analisa indikator kinerja yang disandingkan dengan visi-misi Bupati terpilih,” ungkap Kepala Bappeda Sumbawa Barat, Dr Ir H Amry Rakhman M.Si.

Dikatakan Amry, sejak DR Ir H Musyafirin MM – Fud Syaifuddin ST, terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati, pihaknya langsung mengantisipasinya dengan menyiapkan langkah-langkah kegiatan yang merujuk pada regulasi terkait dengan penyiapan rancangan RPJMD 2016-2021.

Penyusunan RPJMD tersebut merupakan penjabaran dari Visi dan Misi Bupati dan Wabup KSB yang selama masa kepemimpinannya akan menjadi acuan teknis bagi setiap SKPD dalam melaksanakan pembangunan periode 2016-2021.

Menurutnya, setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati hingga enam bulan ke depan RPJMD harus sudah diperdakan. Sehingga dalam kurun waktu yang ada, semua rancangan RPJMD yang mencerminkan visi – misi Bupati dan Wakil Bupati harus sudah menjadi produk hukum untuk dijadikan landasan pijak dalam pelaksanaannya nanti.

Pada tahap pertama, lanjut Amry, pihaknya menempuh enam langkah kerja  yang menjadi proses penyusunan RPJMD, yaitu proses penyiapan penyusunan RPJMD, penyusunan rancangan awal RPJMD, penyusunan rancangan RPJMD, pelaksanaan musrenbang RPJMD, perumusan rancangan akhir RPJMD dan persiapan Raperda RPJMD sebelum ditetapkan menjadi Perda tentang RPJMD.

Namun terlepas dari hal tersebut, tambah Amry, kemampuan anggaran daerah juga sangat menentukan keberhasilan pembangunan kedepan. Untuk itu, pemerintah daerah kedepan akan lebih gesit dalam mengejar dana-dana pembangunan dari alokasi APBN dan sektor swasta. Sehingga tidak hanya mengandalkan APBD daerah saja.

“Sumber anggaran pembangunan itu ada tiga yakni APBD, APBN, dan swasta (Investasi). Bupati optimistis, kedepan kita tidak hanya mengandalkan APBD saja, tapi dari sumber lainnya. Kalau mengandalkan APBD, akan sulit mencapai target pembangunan kedepan,” ungkapnya.

Dia juga berharap, kedepannya pemerintah bisa lebih komitmen dan konsisten dalam menjalankan pembangunan sesuai dengan RPJMD yang ada. Karena jika tidak, maka akan sulit untuk menyelaraskan visi misi yang telah diusung.

“Yang penting konsisten, maka optimistis kita akan mencapai pembangunan sesuai visi misi itu,” demikian Amry. (ktas)

About Post Author

Don`t copy text!