Polandia Jajaki Kerjasama Ekonomi Dengan KSB

Polandia Jajaki Kerjasama Ekonomi Dengan KSB

Taliwang, KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menerima kedatangan perwakilan kedutaan besar Polandia, termasuk telah menyampaikan beberapa hal terkait potensi perekonomian dan pertanian dalam arti luas, sebagai informasi awal dalam rangka rencana kerjasama.

Kepala Bappeda KSB, Dr Ir H Amry Rakhman MSi, kepada media ini mengatakan, pertemuan yang dilaksanakan dalam ruang rapat setda kemarin itu merupakan pertemuan awal, sehingga belum ada kesepakatan atau ikatan kerjasama yang dibangun. “Kita dilirik oleh pemerintah Polandia, sehingga mengutus perwakilan untuk mendengarkan langsung tentang potensi perekonomian yang bisa dikembangkan nantinya,” tuturnya.

Masih keterangan H Amry, pada kesempatan itu juga pihak kedutaan Polandia yang hadir menyampaikan tentang potensi ekonomi yang ada di  negara tersebut, agar bisa diketahui oleh pemerintah KSB. “Masih saling penjajakan, jadi belum ada kesepakatan yang terbangun, namun yang pasti pemerintah KSB sangat berharap bisa berlanjut kerjasama nantinya,” bebernya.

Hal penting disampaikan H Amry, jika dalam pertemuan itu juga dibahas tentang peluang kerjasama yang bisa dibangun, terutama pada sektor bidang perekonomian dan perdagangan. “Pertemuan yang telah dilaksanakan itu harus ditindaklanjuti serius oleh pemerintah KSB, sehingga dalam waktu dekat akan membentuk tim kerja perekonomian dan perdagangan,” terangnya.

Tim itu ditegaskan H Amry sangat berperan penting dalam melanjutkan komunikasi dengan pihak kedutaan besar Polandia tersebut, termasuk menyiapkan potensi yang dianggap sangat tepat untuk menjadi poin kerjasama nantinya. “Memang kita tidak bisa langsung membuat kerjasamanya, karena tetap melalui pemerintah pusat, sehingga tim bentukan itu yang harus berperan penting nantinya,” urainya.

H Amry tidak menyampaikan apa potensi yang akan ditawarkan dalam kerjasama itu, namun konsentrasi perhatian pemerintah KSB untuk ditawarkan lebih pada pertanian dalam arti luas, karena kita memiliki potensi besar serta areal yang cukup luas. “Harapan besar kita semua bahwa kerjasama dengan pihak manapun bisa terus dilakukan, agar bisa lebih memacu perkembangan Bumi Pariri Lema Bariri,” ungkapnya.

Rombongan dari kedutaan Polandia itu bukan hanya mendatangi KSB, namun juga meminta informasi yang sama di pemerintah Kabupaten Sumbawa (KS), sehingga besar kemungkinan bahwa pulau Sumbawa merupakan perhatian dari negara Polandia. (kimt)

Don`t copy text!