fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

6.400 Sertifikat Prona Untuk Warga KSB Akan Dibagi Awal September

Taliwang, KOBAR – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumbawa Barat menargetkan seluruh sertifikat tanah pada program proyek nasional agraria (Prona) tahun 2016 ini selesai Agustus mendatang. Dalam program tersebut, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendapat kuota 6.400 sertifikat Prona.

Kepala Kantor BPN Sumbawa Barat, Ir Jaka Pramono, mengungkapkan, program tahunan ini digulirkan pemerintah pusat untuk menertibkan administrasi pertanahan. Dengan begitu seluruh tanah milik warga yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat akan memiliki bukti kepemilikan tanah yang sah.

“Tujuan program itu untuk lebih tertib administrasi saja, dan setiap tahun pemerintah akan selalu melaksanakannya,” ungkapnya.

Saat ini, 6.400 sertifikat Prona itu masih dalam proses validasi akhir dan dipastikan awal September mendatang diserahkan kepada masyarakat. Sebelumnya, proses yang telah dilakukan otoritas BPN mulai dari sosialisasi, penyuluhan, pengumuman, pengukuran sampai pada validasi data tahap akhir.

Dalam proses tersebut kata Jaka, kehati-hatian diutamakan karena dikhawatirkan ada pengajuan berkas yang bermasalah atau ada pihak yang keberatan dengan proses yang sudah dilalui. Jika ada pihak yang keberatan, maka proses pengurusan sertifikat dipending sampai ada kejelasan penyelesaiannya.

“Biasanya keberatan yang terjadi terkait soal status tanah. Itu harus diselesaikan karena pada prinsipnya penerbitan sertifikat prona tersebut harus clean and clear agar tidak terjadi masalah di kemudian hari,” bebernya.

Untuk menentukan warga yang berhak menerima Prona, pihak BPN menyerahkan sepenuhnya kepada pihak desa. Pemerintah desa yang mengajukan nama warga yang berhak mendapatkan program tersebut. Dalam Prona, warga tidak dipungut biaya sepeser pun kecuali untuk materai dan administrasi.

“Kami menyerahkan semuanya kepada pihak desa, kalaupun ada yang tidak sesuai itu urusan desa. Kita hanya mengerjakan sesuai dengan permohonan,” tukasnya. (ktas)

Don`t copy text!