Karya TTG Putera KSB Optimis Lolos ke Tingkat Nasional

Karya TTG Putera KSB Optimis Lolos ke Tingkat Nasional

Taliwang, KOBAR – Pelaksanaan Gelar Tehnologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2016 dipusatkan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai Rabu, 27/4 hingga Sabtu, 30/4.  Selain sebagai tuan rumah, Pemerintah setempat berkeinginan dari sekian hasil terapan teknologi tepat guna (TTG) yang akan ditampilkan pada ajang bergengsi itu, beberapa diantaranya dapat mewakili Provinsi NTB ke tingkat nasional.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Sumbawa Barat melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Slamet Riadi SPi MSi, mengatakan, dalam menghadapi Gelar TTG tahun ini, persiapan yang dilakukan pihaknya cukup matang. Terlebih mempersiapkan produk TTG terbaru melalui penilaian dan penyaringan di tingkat Kabupaten hingga menetapkan enam temuan terapan teknologi tepat guna (TTG), untuk dilombakan di tingkat Provinsi.

Keenam terapan teknologi tepat guna (TTG) yang akan dilombakan sekaligus dipamerkan itu meliputi, alat bantu pakan ikan jarak jauh melalui signal HP (Yakusa), alat penanam jagung, alat pemipil jagung, alat penangkapan ikan, alat kerajinan merangkai bunga dan kerajinan membuat miniatur perahu dari stick es cream.

Menurutnya, dari keenam temuan terapan teknologi tepat guna (TTG) tersebut ia optimis alat bantu pakan ikan jarak jauh melalui signal HP (Yakusa) dan alat penanam jagung, besar kemungkinan meraih juara dan mewakili Provinsi NTB ke tingkat nasional.

“Kalau juri obyektif melakukan penilaian, kami optimis salah satu dari dua temuan terapan teknologi tepat guna (TTG) itu lolos mewakili NTB ke tingkat nasional,” yakinnya.

Jika hasil akhirnya nanti temuan terapan teknologi tepat guna (TTG) itu mampu mewakili Provinsi NTB maka itu merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Sumbawa Barat. Karena sejak keikutsertaannya mengikuti TTG, belum sekalipun temuan teknologi dari KSB dilombakan ke tingkat nasional.

“Kita berharap agar ada diantara salah satunya yang lolos,” demikian Slamet. (ktas)

Don`t copy text!