fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Saksikan Debat Kandidat Bupati dan Wakil Bupati KSB!

Taliwang, KOBAR – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Barat (KPU KSB) dikabarkan telah siap menggelar debat kandidat pasangan calon Bupati dan wakil Bupati KSB, besok, kamis 19/11, bertempat di  Aula Hotel Grand Royal Taliwang, dimulai pukul 09.00 Wita hingga selesai. Dan tata cara dan materi debat dinyatakan telah final.

“Kami sudah siap menggelar debat kandidat,” tegas ketua divisi tekhnis KPU KSB, Fahroni SH, kepada sejumlah wartawan kemarin.

Pada kesempatan itu, komisioner KPU KSB itu juga menegaskan bahwa mekanisme debat yang akan dilaksanakan menggunakan enam segmen. Untuk segmen pertama, pemaparan visi dan misi dari pasangan calon, kemudian segmen kedua, penajaman terhadap visi dan misi tersebut. Untuk segmen ketiga baru masuk pada pertanyaan moderator kepada masing-masing pasangan calon. Untuk segmen keempat dan kelima lebih pada tanya jawab antar pasangan calon dan segmen terakhir adalah pernyataan penutup dari masing-masing kandidat.

Masih keterangan Fahroni, acara debat kandidat itu akan menghabiskan waktu selama dua jam, sehingga masing-masing segmen akan dibatasi waktu, termasuk tanya jawab antar pasangan calon. “Acara pembukaan sampai pada acara inti atau debat akan dipusatkan di aula milik Hotel Grand Royal Taliwang, dimulai pukul 09.00,” bebernya.

Fahroni juga menyampaikan bahwa masing-masing paslon memiliki kewenangan untuk mempersiapkan pendukung sebanyak 75 orang, namun yang bisa masuk dalam ruangan debat hanya 25 orang, sementara 50 orang hanya bisa menyaksikan acara debat melalui layar yang disiapkan KPU KSB di pelataran Hotel Grand Royal. “Ruangan tempat debat terbatas, jadi kami juga harus batasi pendukung pasangan calon yang akan masuk ruangan,” tandasnya.

Untuk fasilitas luar ruangan atau di pelataran hotel, KPU KSB akan mempersiapkan terop dan kursi dengan jumlah 400 buah kursi, karena yang akan diundang bukan hanya pendukung masing-masing pasangan calon, tetapi juga akan mengundang para toko masyarakat dan toko agama, termasuk berbagai elemen yang bukan sebagai pendukung pasangan calon.

Agar masyarakat bisa menyaksikan acara debat, Fahroni mengaku bahwa KPU KSB telah membangun kerjasama dengan Lombok TV, dimana mereka akan membangun kemitraan dengan TV kabel yang beroperasi di KSB, sehingga beberapa titik, termasuk sekretariat masing—asing pasangan calon bisa menyaksikan langsung acara yang dihelat tersebut. “Bagi yang tidak mendapatkan undangan untuk menyaksikan debat di sekitar lokasi pelaksanaan, bisa menyaksikannya di sekretariat masing-masing pasangan calon atau jalur TV kabel,” pungkasnya. (kimt)

Don`t copy text!