Penataan Mantar Masih Jalan Di Tempat

Penataan Mantar Masih Jalan Di Tempat

Taliwang, KOBAR – Serapan anggaran untuk program pengembangan dan penataan Desa Budaya Mantar dinilai masih minim. Hal itu memunculkan tudingan miring dari anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dimana pemerintah dinilai tidak konsisten dan tidak mampu melaksanakan program yang cukup getol ingin dikembangkan.

Anggota DPRD KSB, Hasanuddin, beberapa waktu lalu mengatakan, Alokasi anggaran yang telah ditetapkan pada tahun 2015 ini untuk pembiayaan program di Desa Mantar bisa dibilang belum direalisasikan, karena minimnya serapan anggaran hingga akhir tahun. Buktinya, kondisi terakhir di lokasi itu sendiri tidak jauh dari keadaan sebelumnya atau pasca pekerjaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD).

Masih keterangan Hasanuddin, dirinya belum melihat apa yang menjadi program unggulan pemerintah, sehingga Desa Mantar terlihat dipersiapkan sebagai Desa Budaya. “Saya sangat kecewa dengan pemerintah yang belum juga totalitas melaksanakan program di Desa Budaya itu, padahal anggaran sudah ditetapkan,” sesalnya.

Menurut Hasanuddin, seharusnya pemerintah memberikan perhatian serius terhadap program tersebut. Paling tidak menyiapkan sarana pendukung dan masyarakat untuk pelaksanaan program tersebut, karena masyarakat harus juga dipersiapkan, sebab mereka akan menjadi pelaku dalam program tersebut. “Kami dukung wacana pemerintah untuk melakukan penataan Desa Mantar sebagai Desa Budaya, namun pertanyaan kami sekarang, kenapa belum juga dilaksanakan program yang telah disepakati itu,” timpalnya.

Hasanuddin menyatakan program tersebut bisa jadi sia sia jika tidak ada azaz manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. Artinya tidak sekedar menjual keunikan dan tradisinya, tetapi kerajinan dan industri kecil yang dikelola masyarakat setempat juga mesti dipersiapkan. “Ada anggaran cukup besar yang dialokasikan di APBD, tapi sampai sekarang belum dieksekusi. Bagaimana kalau tidak ada anggarannya,” tudingnya.

Hasanuddin mengaku bahwa urung direalisasikan program penataan Desa Mantar akan menjadi pembahasan penting dalam komisi DPRD KSB, “Saya akan giring masalah itu menjadi masalah untuk dibahas khusus dalam internal DPRD KSB, jadi ada kemungkinan akan memanggil Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, agar bisa mendapatkan keterangan terkait belum maksimalnya penyerapan program,” janjinya. (kimt)

Don`t copy text!