fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Komisi II Dukung BP3K Seteluk Jadi BP3K Model

Seteluk, KOBAR – Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendukung rencana pembentukan Balai Penyuluhan Perikanan Pertanian dan Kehutanan (BP3K) yang berada di kecamatan Seteluk menjadi BP3K model. Anggota komisi II yang hadir adalah, Aheruddin Sidik SE, ME, Hasanuddin, Agusfian SE, Abidin Nasar SP, Masadi SE, Syamsuddin dan Ahmad Jamaluddin S.Ag, hadir juga kepada BP5K, Ir Mansyur Sofyan MM.

Kepala BP3K Seteluk, Muhammad Nur pada kesempatan itu menyampaikan berbagai terobosan yang telah dilakukan selama ini, termasuk konsep kedepan yang akan dikembangkan, termasuk memvisualkan bangunan BP3K Seteluk beberapa tahun silam dan output yang bakal dirasakan secara bersama dengan petani, jika mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten, terlebih dukungan anggaran dari DPRD KSB.

Konsep yang menjadi titik poin jika ditetapkan sebagai BP3K model adalah, pengembangan green house untuk melakukan budidaya holtikultura, baik itu holtikultura organik dengan sistem drip irrigation dan hidroponik, mengingat kecamatan Seteluk termasuk kawasan yang tidak terlalu melimpah air, selain itu juga akan melakukan pembudidayaan ikan nila dan lele dengan menggunakan terpal.

Sementara Hasan Basri SP selaku koordinator penyuluh KSB pada kesempatan itu menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi selama ini, baik itu kendala pada kurangnya dukungan, keterbatasan jumlah dan kualitas penyuluh, keterbatasan fasilitas dalam proses pembelajaran.

Ketua komisi II, Aheruddin Sidik, pada kesempatan itu menegaskan bahwa program pembentukan BP3K Seteluk menjadi BP3K model sudah disetujui bersama, bahkan komisi II sudah memberikan dukungan anggaran, hanya saja secara bertahap dan yang perlu diketahui juga oleh jajaran BP3K Seteluk, keberhasilan BP3K Seteluk akan menjadi awal bisa terbentuknya BP3K model di kecamatan lain.

Politisi dari kecamatan Seteluk itu meminta kepada pihak BP3K Seteluk untuk serius melaksanakan apa yang telah menjadi program tersebut, jadi jangan program hanya dalam bentuk konsep tetapi tidak direalisasikan dengan baik. “Kami harap konsep yang telah direncanakan betul-betul dilaksanakan dan didukung oleh BKP5K sebagai induk di kabupaten, karena saat ini komisi II telah membuktikan keseriusan mendukung pembentukan BP3k model tersebut,” tegasnya.

Terkait dengan beberapa aspirasi yang menjadi permintaan pihak BP3K Seteluk saat melakukan pemaparan, seperti sumur bor, jaringan internet, pembangunan outlet, gudang pagar dan penguatan kelembagaan diharapkan menjadi catatan bagi BKP5K untuk diusulkan anggarannya pada pembahasan berikut atau mungkin ada formula lain, karena komisi II cukup serius mendukung pembentukan BP3K model tersebut.

Pada kesempatan itu masing-masing anggota komisi II menyampaikan beberapa masukan yang bisa menjadi perhatian bersama. Meskipun penyampaian secara bergiliran, namun bisa disimpulkan bahwa semua jajaran komisi II cukup intens dan mendukung penuh seluruh program tersebut. (kimt)

Don`t copy text!