Populasi Sapi di KSB Lampaui Target BSS

Populasi Sapi di KSB Lampaui Target BSS

Taliwang, KOBAR – Populasi ternak sapi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam rangka mendukung program Bumi Sejuta Sapi (BSS) yang dicanangkan Pemerintah Provinsi NTB ternyata telah terlampaui.

Data Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) KSB mencatat hingga tahun 2013 lalu, jumlah populasi sapi di daerah sudah mencapai 59.522 ekor. Jumlah itu sudah melampaui target yang dijatahkan provinsi NTB bagi KSB untuk mendukung program BSS sebanyak 50.000 ekor. “Kalau ikut target program BSS yang dijatahkan ke kita oleh provinsi. Kita sudah lampaui sejak setahun lalu,” terang Kabid Peternakan DKPP KSB Kusmirin S.St kemarin.

Sejak dicanangkan program BSS oleh provinsi, peningkatan populasi ternak sapi di KSB secara bertahap menunjukkan trend positif. Menurut Kusmirin, peningkatan tersebut selain dipengaruhi oleh daya dukung program baik yang dibiayai oleh pemerintah provinsi dan pemerintah KSB. Pertambahan populasi Sapi di KSB juga karena proses kelahiran ternak yang terus bertambah setiap tahunnya. “Sekarang, rata-rata penambahan populasi ternak Sapi kita sekitar 5 persen per tahun,” katanya.

Meski telah mengalami surplus bukan berarti sentuhan bantuan pemerintah bagi para peternak di KSB tidak dibutuhkan lagi. Menurut Kusmirin, saat ini untuk semakin meningkatkan jumlah ternak Sapi di daerah, peternak tetap membutuhkan bantuan. “Mungkin kalau dulu bibit, sekarang model bantuan bisa bergeser ke hal lainnya,” paparnya.

Disinggung soal program bantuan yang telah disalurkan selama ini, Kusmirin mengungkapkan, bantuan pada tahun 2014 lalu sedikit mengalami penurunan. Untuk bantuan bibit sendiri ia menjelaskan, setahun terakhir ini hanya berasal dari APBD KSB sebanyak 36 ekor. “Dari provinsi tidak ada tahun kemarin. Tapi informasi yang kami dapatkan untuk tahun 2015 ada bantuan dari provinsi. Tapi sementara ini jumlahnya belum dapat dipastikan. Jadi kita tunggu saja realisasinya,” pungkasnya. (kimt)

Don`t copy text!