fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Dokter IGD RSUD KSB Dilaporkan Menelantarkan Pasien

Taliwang, KOBAR – Keluarga Yeni, warga Lingkungan Sebok Kelurahan Dalam, yang merupakan korban kecelakaan merasa keberatan dengan sikap dokter jaga Instalasi Gawat Darurat (IDG) milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), lantaran meninggalkan pasien yang membutuhkan pelayanan medis.

Husain Robi, orang tua korban menuturkan, dokter jaga saat itu sepertinya sengaja menelantarkan pasien, padahal saat itu korban membutuhkan pelayanan medis. Sikap seperti itu membuatnya naik pitam dan mencak-mencak di IGD, namun dokter yang diharapkan untuk menangani tidak kunjung datang.

Merasa tidak terlayani, Husain Robi langsung membawa pulang anaknya, karena merasa percuma berada di ruang perawatan tersebut. “Saya sangat kecewa dengan sikap dokter seperti itu, padahal anak saya saat itu membutuhkan pelayanan medis, apakah seperti itu pelayanan yang diberikan pihak RSUD,” cetusnya dengan nada kesal.

Menurutnya, kasus penelantaran pasien itu akan terus dipersoalkan dan dirinya akan meminta pertanggung jawaban pihak RSUD atas sikap dokter jaga saat itu.

dr Raditya, selaku dokter jaga IGD saat insiden itu,  ketika dikonfirmasi media ini, membantah jika telah menelantarkan pasien. Insiden itu lebih pada miskomunikasi, karena memang saat korban itu masuk IGD sudah diberikan pelayanan langsung, baik itu pemeriksaan terhadap luka, maupun proses pemeriksaan standar lainnya. “Saya sudah periksa korban, kondisi korban saat itu dalam kesadaran normal,” ucap Raditya.

Disampaikan Raditya, pada saat itu juga ada pasien yang terus mengucurkan darah dan membutuhkan pelayanan cepat. Merasa bahwa korban kecelakaan itu sudah bisa ditinggal, maka dirinya langsung menangani pasien yang dianggap kritis tersebut. “Saya sudah periksa yang bersangkutan dan sudah meminta perawat untuk membersihkan seluruh lukanya, jadi tidak benar kalau saya menelantarkannya, apalagi saat itu ada korban lain yang membutuhkan pelayanan cepat,” terangnya lagi. (kimt)

Don`t copy text!