fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

SK Dewan Sudah Jadi Jaminan

Taliwang, KOBAR – Sudah mencapai 50 persen anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai anggota DPRD KSB sebagai jaminan pinjaman uang bank.

Ketua DPRD KSB, Muhammad Natsir ST, MM yang dikonfirmasi tidak membantah hal itu, apalagi ada tawaran dari pihak Bank untuk memberikan pinjaman bagi anggota DPRD KSB. “Kalau tidak salah sudah mencapai 50 persen anggota dewan yang berproses pencairan dana pinjaman dari Bank,” ucap Nasir sapaannya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengakui jika dirinya sendiri berencana mengajukan pinjaman seperti yang dilakukan anggota DPRD KSB lainnya, hanya saja belum diketahui kapan akan dilakukan. “Saya saja ingin mengajukan pinjaman ke Bank dengan jaminan anggota DPRD KSB,” tegas Nasir.

Soal berapa besar pinjaman yang dilakukan para anggota dewan, Nasir tidak bisa memberikan keterangan, karena pihak Bank hanya menentukan besarnya nilai pinjaman, jadi masing-masing anggota dewan bisa menentukan sendiri berapa kebutuhan yang ingin dipinjam. “Masalah pribadi masing-masing besaran kebutuhan, termasuk akan dipergunakan untuk apa,” lanjut Nasir.

Meminjam uang bank dengan jaminan SK dianggap sebagai solusi, dimana saat suksesi pelaksanaan Pemilihan Anggota Legislatif (Pilek) belum lama ini cukup menguras materi, bahkan ada anggota dewan terpilih harus meminjam dana dari pihak lain, jadi dengan pinjaman itu bisa melunasi semua pertanggungannya. “Kami dulu berdarah-darah untuk bisa menjadi anggota dewan, meskipun harus pinjam sana sini,” terangnya.

Pada kesempatan itu Nasir menegaskan bahwa untuk mendapatkan pinjaman, anggota dewan tidak menjaminkan SK, tetapi ada kemudahan proses yang diberikan pihak Bank. “Kita diberikan kemudahan dan proses pengembalian pemotongan gaji yang diterima, jadi tidak harus menjaminkan SK pengangkatan sebagai anggota DPRD,” timpal Nasir.

Soal bank yang memberikan pinjaman, Nasir tidak membantah kalau rekan-rekan dewan lebih memilih Bank NTB Taliwang dengan berbagai pertimbangan, diantaranya, Bank NTB dianggap sebagai bank pemerintah yang harus dibesarkan juga oleh anggota dewan. “Mungkin ada juga yang meminjam ke Bank lain selain Bank NTB, tetapi informasi yang saya terima lebih banyak mereka mendapatkan pinjaman dari Bank NTB,” beber Nasir. (kimt)

Don`t copy text!