fbpx
Pemda KSB Permudah Sidang Akte Kelahiran

Pemda KSB Permudah Sidang Akte Kelahiran

Taliwang – Menyikapi keluhan masyarakat terkait lamanya masa sidang pengurusan akte kelahiran bagi anak usia satu tahun lebih, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat akan memfasilitasi pelaksanaan persidangan, termasuk rencana untuk mensubsidi biaya persidangan.

“Pemerintah KSB sangat serius untuk membantu masyarakat KSB dalam persoalan kepemilikan akte kelahiran, sampai-sampai saat rapat muspida, ketua PN Sumbawa yang hadir dalam kesempatan itu dimintai penjelasan soal tahapan dan kesiapan PN untuk menggelar persidangan di KSB,” ungkap Yahya Soud, Kabag Humas PDE KSB, jum’at (25/5).

Untuk merealisasikan pelaksanaan sidang penetapan akte kelahiran di KSB, Pemkab Sumbawa Barat sedang dalam tahapan proses, dikarenakan harus ada keputusan bersama antara pemerintah KSB dengan pihak Pengadilan Negeri Sumbawa.

“Jadi, untuk membantu masyarakat dalam pengurusan persidangan penerbitan akte kelahiran, masyarakat akan dibantu prosesnya sesuai arahan dari pihak Pengadilan Negeri Sumbawa. Rencana awal untuk membantu masyarakat, pemerintah KSB melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan menjadi wakil masyarakat dalam persidangan,” jelas Yahya.

Seperti diketahui, pembuatan akte kelahiran anak satu tahun ke atas dikenakan biaya dan prosesnya melalui persidangan, sesuai pasal 32 ayat (2) UU No 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Menurut Yahya, sambil menunggu proses penetapan pelaksanaan persidangan akte kelahiran di KSB, ia berharap kepada seluruh pihak sekolah untuk tidak berlaku kaku dengan menolak pendaftaran sekolah bagi yang tidak memiliki akte kelahiran.

“Memang sudah menjadi aturan bahwa akte kelahiran harus ditunjukkan saat pendaftaran sekolah, tetapi tidak harus kaku atau tidak memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memprosesnya,” tukas Jubir Pemda KSB.

Pemerintah meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat yang belum mengurus akte kelahiran bagi anaknya yang berumur di bawah setahun, agar segera memprosesnya, karena pengurusan akte sebelum usia setahun dapat langsung ditangani Disdukcapil setempat.

“Bagi yang baru memiliki anak atau belum berumur setahun, agar segera mengajukan proses penerbitan akte kelahiran di Disdukcapil KSB,” pinta Yahya. [mi]

Don`t copy text!