Koperasi Berbasis RT di Sumbawa Barat Akan Diaktifkan Kembali

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Koperasi Berbasis RT di Sumbawa Barat Akan Diaktifkan Kembali - Nurdin Rahman - Kepala Dinas Koperindag KSB

Koperasi Berbasis RT di Sumbawa Barat Akan Diaktifkan Kembali

Taliwang, KOBARKSB.com – Pada momentum perayaan hari Koperasi Nasional ke-75, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag), bertekad akan mengaktifkan kembali Koperasi Berbasis Rukun Tetangga (KBRT) di KSB, yang diketahui telah sekian lama vakum.

“Ada sekitar 200-an KBRT di KSB ini yang secara hukum masih sah dan legal. Akan tetapi, karena kebanyakan pengurusnya tidak aktif lagi, maka kegiatan koperasinya pun menjadi vakum,” kata Kepala Dinas Koperindag KSB, Nurdin Rahman, melalui Kepala Bidang Koperasi, Firmansyah, kepada awak media ini, Rabu, (27/7).

Untuk tahap awal, jelas Firman, hanya 1 KBRT untuk setiap kecamatan yang akan disegarkan kepengurusannya dan ditata kembali administrasi dan manajemennya. Kepada 8 KBRT ini, ungkapnya, akan didampingi dan disuntik dana segar agar bisa beroperasi kembali.

Firmansyah

“Biar efektif dan terukur, 8 KBRT dulu yang akan kita aktifkan dan menjadi pilot project kita. 1 Kecamatan 1 KBRT. Kita fokus untuk membenahinya dan menjadi percontohan, baru yang lainnya,” tukas Firmansyah.

Sedangkan untuk menggerakkan gerakan koperasi di KSB, tambah Firman, pihaknya akan mendorong sinergi dan kemitraan antar koperasi yang ada. Sebab, ujar Firman, mau tidak mau Koperasi mesti kompak dan harus bisa bersaing dengan badan usaha lainnya.

“Di KSB tercatat ada 395 Koperasi yang terdaftar. Mayoritas yang aktif dan berkembang adalah koperasi yang bergerak di sektor riil dan simpan pinjam. Sehingga pada musyawarah gerakan koperasi dalam rangka perayaan hari koperasi nasional kemarin, kita suarakan bersama semangat kebangkitan koperasi Indonesia, khususnya KSB,” tutup Kabid Koperasi, Diskoperindag KSB. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!