KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Atraksi Aerobatik Jupiter TNI AU Akan Hiasi Langit MXGP Samota 2022 - Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU - Atraksi Aerobatik Tim Jupiter Indonesia

Atraksi Aerobatik Jupiter TNI AU Akan Hiasi Langit MXGP Samota 2022

Sumbawa, KOBARKSB.com – Buruan beli tiket nonton Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) di Rocket Motor Circuit, Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebab disamping penonton akan disuguhkan atraksi para pembalap dunia motocross, para penonton juga akan disuguhkan atraksi Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara (TNI AU) di langit MXGP Samota 2022.

Atraksi Aerobatik Tim Jupiter di MotoGP Mandalika 2022

Tim Aerobatik Jupiter TNI AU atau Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU akan melakukan atraksi dan bakal menghiasi langit Samota serta Perairan Tanjung Menangis, Sumbawa, pada saat pembukaan MXGP of Indonesia, Minggu, 26 Juni 2022. 

JAT ini merupakan salah satu tim aerobatik milik TNI AU dalam bentuk skadron khusus di bawah Skadron Pendidikan 102, Wing Pendidikan Terbang, Lanud Adisucipto, yang terbentuk sejak tahun 1996. 

Atraksi Aerobatik Tim Jupiter di atas Candi Borobudur

Awalnya, tim ini hanya menggunakan 4 pesawat model Hawk MK-53. Namun, Jupiter Aerobatik Team sempat vakum sejak tahun 2002 dan mulai muncul kembali ke permukaan tahun 2008, dengan pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korsel yang berjumlah 8 buah. 

Team aerobatic ini menggunakan nama “JUPITER” sebagai ‘call sign’ (panggilan) para Instruktur Terbang TNI AU. Semua anggota dari JAT adalah instruktur terbang. Pertunjukkan pertama di depan masyarakat umum dilakukan pada tanggal 4 Juli 2008 di Yogyakarta dan yang kedua di Jakarta pada bulan November 2008. Sebanyak 8 pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan yang dicat dengan warna Merah-Putih, menjadi bagian tim ini.

Atraksi Aerobatik Tim Jupiter di atas Tugu Monas

Tim Jupiter saat ini, terdiri dari: 

  • J-1 Mayor Pnb Ripdho “Mohawk” Utomo
  • J-2 Mayor Pnb Gede Ngurah “Viper” SW
  • J-3 Mayor Pnb P.S “Grackle” Anggoro
  • J-4 Kapten Pnb Bayu “Meerkat” Anugrah
  • J-5 Mayor Pnb Ferdian “Corbie” Habibi
  • J-6 Mayor Pnb Idam “Godham” Satria
Tim Jupiter TNI AU

Jupiter Aerobatics Team TNI AU ini merupakan skadron udara kebanggaan bangsa Indonesia, yang telah turut serta dalam Singapore Airshow 2022, pada tanggal 15-18 Februari 2022.

Jadi tunggu apa lagi, segera bergegas membeli tiket MXGP Samota 2022 di loket-loket tiket yang tersedia, baik online maupun offline. Sebab kuota tiket terbatas. (klar)

Don`t copy text!