KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Firin-Fud Menjabat Tinggal Sebentar, KSB BAIK Bagaimana - Musyafirin dan Fud Syaifuddin - Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat

Firin-Fud Menjabat Tinggal Sebentar, KSB BAIK Bagaimana?

Tahun Politik sebentar lagi kita jelang, Partai Politik pun sudah mulai kasak kusuk atur strategi. Terlebih setelah beberapa Kepala Daerah hasil Pilkada Serentak bakal habis masa jabatan mereka. 

Sebagaimana diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, telah melantik 5 penjabat (Pj) Gubernur untuk Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat. Dan ada 101 Kepala Daerah yang akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun ini. Para Kepala Daerah ini terdiri dari Bupati, Walikota, hingga Gubernur.

Nantinya, jabatan Kepala Daerah tersebut akan diisi oleh penjabat Kepala Daerah. Pj Gubernur diusulkan oleh Mendagri kepada Presiden, yang berasal dari ASN yang memiliki jabatan sebagai pejabat tinggi madya atau setara eselon I. Sedangkan untuk Bupati/Walikota diusulkan oleh Gubernur kepada Mendagri, yang berasal dari ASN yang memiliki jabatan sebagai pejabat tinggi pratama atau setara eselon II.

Sementara jadwal tanggal pemungutan suara Pemilu Serentak dan Pilkada Serentak 2024 telah ditetapkan dan disepakati bersama oleh Pemerintah, DPR, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin, (24/1). Pemilu akan digelar 14 Februari 2024, sedangkan Pilkada dihelat 27 November 2024.

Adapun tahapan Pemilu tahun 2024 sudah akan dimulai pada pertengahan bulan Juni tahun ini. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 167 ayat (6) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu), yang menyebut bahwa tahapan penyelenggaraan Pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Lantas Bagaimana dengan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)? Seperti diketahui, bahwa hari Jum’at, 26 Februari 2021, adalah hari keramat buat pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat yang terpilih pada Pilkada Serentak 2020. Karena pada hari ini, H W Musyafirin dan Fud Syaifuddin (Firin-Fud), resmi dilantik menjadi pasangan Kepala Daerah kedua kalinya.

Firin-Fud Dilantik Gubernur NTB

Artinya, tinggal 3 tahun lagi bagi Firin-Fud untuk menuntaskan janji-janji politiknya di Pilkada 2020. Dengan jabatan efektif hanya tinggal 3 tahun, bahkan mungkin kurang, serta tidak ada peluang lagi bagi Musyafirin untuk kembali mencalonkan diri sebagai Bupati. Maka adalah beban yang berat dan butuh kerja keras untuk mewujudkan visi misinya yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2024, yaitu, “Memperkuat Kemandirian Ekonomi Daerah, Menuju Kabupaten Sumbawa Barat Sejahtera”, atau yang lebih dikenal dengan jargon “KSB BAIK”. 

Untuk mewujudkan visi misinya tersebut, Musyafirin telah menetapkan 3 aspek yang menjadi prioritas pembangunan. Yaitu; Pertama, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengentasan kemiskinan, menuju Kabupaten Sumbawa Barat sejahtera. Kedua, tata kelola penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang akuntabel, efektif, dan efisien, dalam mendukung peningkatan kinerja seluruh dimensi pembangunan daerah. Dan yang ketiga, pembangunan ekonomi kawasan, untuk mendukung pemerataan pembangunan wilayah.

Memang hal-hal itu mungkin mudah untuk diucapkan, akan tetapi tentu saja akan sulit untuk diwujudkan dalam tempo waktu yang singkat. Tapi bukan berarti hal-hal itu hanya dijadikan sebagai syarat untuk maju Pilkada semata.

Jika kita menelisik sejarah perjalanan Pemerintahan Kabupaten Sumbawa Barat. Masing-masing kepala daerah yang pernah memerintah di KSB telah mengusung visi-misi yang berbeda-beda. 10 tahun masa Kyai Zul-Mala (Zulkifli Muhadli-Mala Rahman), dikenal dengan jargon “Peradaban Fitrah”. Kemudian 5 tahun pertama Firin-Fud dikenal dengan jargon “PDPGR IJS”, dan pada periode kedua Firin-Fud digaungkan jargon “KSB BAIK”. Dan tentunya tidak mustahil, jika pasangan Kepala Daerah yang akan memerintah di KSB kedepan akan mengusung jargon yang berbeda pula. 

Bagaimanapun, Kabupaten yang telah menginjak usia 18 tahun ini harus dan mesti terus bergerak maju, sesuai dengan harapan dan cita-cita para pendirinya dan tentunya keinginan segenap warga KSB. Sehingga waktu yang masih tersisa bagi Firin-Fud untuk mewujudkan KSB BAIK semestinya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin. Semoga! ** – KOBARKSB.com

Don`t copy text!