Diskoperindag KSB Pastikan Harga Jual Minyak Goreng di Sumbawa Barat Sesuai HET

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Diskoperindag-KSB-Pastikan-Harga-Jual-Minyak-Goreng-di-Sumbawa-Barat-Sesuai-HET-Nurdin-Rahman-dan-Teten-Masduki

Diskoperindag KSB Pastikan Harga Jual Minyak Goreng di Sumbawa Barat Sesuai HET

Taliwang, KOBARKSB.com – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) terbaru untuk minyak goreng di seluruh Indonesia. Mulai dari harga Rp 11.500 per liter hingga 14.000 per liter, yang berlaku efektif per 1 Februari 2022. 

Menindaklanjuti keputusan Menteri Perdagangan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), langsung terjun ke lapangan untuk memastikan harga jual minyak goreng di pasaran sesuai HET.

“Kami bersama tim telah turun ke lapangan secara konsisten selama sepekan terakhir, guna untuk memonitor harga minyak goreng yang dijual di kios-kios dan toko modern. Memang masih ada yang menjualnya di atas HET, tapi kami telah temukan solusinya,” tutur Nurdin Rahman, Kepala Diskoperindag KSB, kepada awak media ini, Sabtu, (5/2).

Kadis Koperindag dan Wakil Bupati KSB Bersama Menteri Koperasi dan UMKM

Pihaknya, kata Nurdin, telah menggandeng Bulog untuk menstabilkan harga pangan, terutama minyak goreng yang beredar di Sumbawa Barat. Langkah tersebut ditempuh pihaknya, jelas Nurdin, sebagai solusi untuk menyamaratakan harga minyak goreng di pasaran.

“Bulan kemarin kita sudah berkontrak dengan Bulog untuk bersama-sama menjaga stabilitas harga pangan di KSB. Salah satunya, iya, harga minyak goreng ini. Intervensi harga kami lakukan untuk pedagang tradisional. Sebab untuk toko modern telah jelas dan pasti,” beber Nurdin.

Kendati demikian, lanjutnya, bahwa persoalan ketersediaan stok minyak goreng di pasar juga tentu menjadi perhatian serius pihaknya. Sebab ketika ada program subsidi harga seperti ini, ujar Nurdin, maka tentu akan berdampak pada stok barang.

Kadis Koperindag KSB Cek Penjualan Minyak Goreng di Indomaret

“Yang tak kalah penting dari harga adalah persoalan stok barang. Bagaimanapun, ketika  ada program subsidi harga dari pemerintah, tentunya ada saja oknum-oknum nakal yang hendak bermain, yang berakibat kepada kelangkaan barang. Dan ini menjadi perhatian serius kami,” tandas Nurdin Rahman.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, dalam keterangan persnya, menyampaikan terkait penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) terbaru untuk minyak goreng di Indonesia. 

“HET minyak goreng curah Rp 11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp 14.000 per liter. Kebijakan HET ini akan mulai berlaku pada 1 Februari 2022,” kata Mendag, Kamis, (27/1).

Kadis Koperindag KSB Cek Penjualan Minyak Goreng di Alfamart

Pihaknya, jelas Lutfi, telah menginstruksikan para produsen untuk mempercepat penyaluran minyak goreng, serta memastikan tidak terjadi kekosongan di tingkat pedagang dan pengecer, baik di pasar tradisional maupun ritel modern.

“Kami kembali mengimbau masyarakat untuk tetap bijak dalam membeli dan tidak melakukan panic buying. Karena pemerintah menjamin stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau,” ujar Lutfi.

Selain itu, tambah Lutfi, pemerintah juga akan mengambil langkah-langkah hukum yang sangat tegas bagi para pelaku usaha yang melanggar ketentuan. Ia pun berharap, dengan pelaksanaan kebijakan ini, masyarakat dapat bisa terus mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau, dan para pedagang serta produsen tetap diuntungkan. 

“Dengan kebijakan ini, kami berharap harga minyak goreng dapat menjadi lebih stabil dan terjangkau untuk masyarakat, serta dapat tetap menguntungkan bagi para pedagang kecil, distributor, hingga produsen,” tutup Menteri Perdagangan. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!