fbpx Guna Melawan Praktik Rentenir dan Lintah Darat, Diskoperindag KSB Suntik Dana dan Perkuat

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Guna-Melawan-Praktik-Rentenir-dan-Lintah-Darat-Diskoperindag-KSB-Suntik-Dana-dan-Perkuat-Koperasi-Syariah-UMKM-Kecamatan-Maluk

Guna Melawan Praktik Rentenir dan Lintah Darat, Diskoperindag KSB Suntik Dana dan Perkuat Koperasi Syariah

Taliwang, KOBARKSB.com – Kesungguhan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) untuk membasmi praktik rentenir dan lintah darat di KSB tidak main-main. Hal itu ditunjukkan dengan upaya memperkuat koperasi-koperasi syariah di daerah setempat.

“Kami tidak asal ngomong untuk membasmi praktik rentenir dan bank rontok di KSB. Salah satu cara yang kami lakukan adalah memperkuat dan memperbanyak koperasi-koperasi syariah,” tegas Nurdin Rahman, Kepala Dinas Koperindag KSB, kepada awak media ini, Selasa, (21/12).

Penyerahan Bantuan Modal Untuk KSU Syariah Bariri Sejahtera Insani, Kecamatan Taliwang, Sebesar Rp 150 Juta dari Dinas Koperindag KSB.

Hal itu dilakukan pihaknya, kata Nurdin, agar koperasi-koperasi syariah bisa tumbuh dan berjamuran di seluruh wilayah KSB. Karena dengan adanya koperasi syariah di mana-mana, menurut Nurdin, maka akan dapat jadi lawan tanding para rentenir dan lintah darat.

“Sebab dengan semakin banyaknya koperasi syariah di mana-mana, maka terbuka peluang bagi masyarakat untuk memilih tempat meminjam uang. Masa mereka lebih suka pinjam uang ke rentenir ketimbang koperasi syariah,” ujar Nurdin.

Nurdin Rahman

Dan hari ini, bebernya, pihaknya telah memberi bantuan dana buat 2 koperasi syariah yang ada. Yang pertama, Koperasi Syariah Amanah Mekar Mandiri, yang berlokasi di Kecamatan Jereweh, sebesar Rp 10 juta. Dan yang kedua adalah KSU Syariah Bariri Sejahtera Insani, yang berada di Kelurahan Bugis, Kecamatan Taliwang, sebesar Rp 150 juta.

“Keduanya adalah koperasi syariah yang telah ada sejak tahun 2018. 2 tahun mereka dihantam dampak pandemi Covid-19, sehingga kami perkuat lagi. Tahun depan kami akan suntik dana lagi untuk 9 Koperasi sebesar Rp 400 juta,” beber Nurdin.

Penyerahan Bantuan Modal Untuk Koperasi Syariah Amanah Mekar Mandiri, Kecamatan Jereweh, Sebesar Rp 10 Juta dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB.

Sedangkan untuk pengembangan usaha simpan pinjam kedepannya, lanjutnya, maka 140 Koperasi Berbasis RT (KBRT) akan diaktifkan kembali dalam rangka meningkatkan perekonomian di tingkat Desa.

“Itu semua sebagai solusi membasmi masalah riba. Dan pada tahun 2022, kita juga akan bentuk 10 koperasi syariah dengan berbagai program dan fasilitas, untuk pengembangan transaksi syariah di Sumbawa Barat. Doakan agar ikhtiar kami dalam membasmi praktik rentenir dan lintah darat di KSB bisa berjalan dengan baik,” tutup Kadis Koperindag KSB. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!