Gubernur NTB Ajak Masyarakat Tanam Kelor dan Buah-buahan Ketimbang Jagung

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Gubernur-NTB-Ajak-Masyarakat-Tanam-Kelor-dan-Buah-buahan-Ketimbang-Jagung-Gubernur-Zulkieflimansyah-di-Dompu

Gubernur NTB Ajak Masyarakat Tanam Kelor dan Buah-buahan Ketimbang Jagung

Dompu, KOBARKSB.com – Bencana banjir yang terjadi merata pada sejumlah daerah di Indonesia, tidak terkecuali di Nusa Tenggara Barat (NTB). Membuat Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, meminta seluruh warga NTB untuk selalu waspada karena beberapa hari ke depan curah hujan di NTB masih tetap tinggi. Terutama mengingatkan kembali tentang kepedulian masyarakat untuk tetap menjaga hutan agar tetap hijau.

Kunjungan Kerja Gubernur Zulkieflimansyah di Dompu

“Banjir merata menyapa kita di NTB ini. Kalau ditanya apa penyebabnya, semua sepakat karena hutan yang gundul karena pohon-pohonnya sudah terjarah dan lahannya kemudian ditanami jagung,” kata Gubernur, saat mengunjungi Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, Rabu, (8/12).

Kendati Pemerintah, lanjutnya, telah bertahun-tahun sudah melakukan penanaman kembali dan reboisasi. Bibit buah-buahan dan lain-lain juga, katanya, sudah tak terhitung jumlahnya ditanam. Akan tetapi hasilnya tidak efektif karena hasilnya lama. Sehingga masyarakat tak bisa lagi diajar berlama-lama dengan bermacam teori, tapi tak menyediakan solusi alternatif yang segera, solusi yang instan yang bisa mereka rasakan dan nikmati.

Gubernur Zulkieflimansyah Bersama Bupati Dompu di Lokasi Pembibitan Kelor di Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu

“Yang menanam jagung pun sadar, bahwa tindakan mereka bisa mengakibatkan banjir dan merugikan banyak pihak dan daerah kita. Tapi melarang mereka bukan persoalan mudah dan sederhana, sepanjang alternatif selain menanam jagung kita tidak sediakan,” ujarnya.

Sehingga ketika warga di Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, yang kini sedang berupaya untuk meretas jalan baru, dengan mengambil solusi yang bisa menjadi alternatif solusi untuk penghijauan hutan-hutan yang gundul dengan menggiatkan penanaman pohon kelor, membuat dirinya mendukung sepenuhnya. Dan mengajak warga di Kecamatan dan Kabupaten lain di NTB untuk meniru.

250 Ribu Bibit Kelor di Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu

“Tanami hutan-hutan gundul kita dengan bibit-bibit kelor yang cepat menghasilkan adalah sebuah solusi yang baik. Apalagi harga jualnya pun sangat bagus. Pembelinya juga sudah ada. Dan kelor yang ditanam tetap memungkinkan jagung juga bersama untuk ditanam. Dengan ditanami kelor yang cepat menghasilkan bisa kemudian diikuti dengan penanaman pohon-pohon lain yang butuh waktu panen lebih lama, seperti, buah-buahan. Bibit kelor di Kecamatan Kilo sudah ada 250 ribu. Mungkin bisa dicoba juga di tempat lain,” tutup Gubernur NTB. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!