fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Jelang World Superbike di Sirkuit Mandalika, Polda NTB Berlakukan Pengamanan Super Ketat - Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok

Jelang World Superbike di Sirkuit Mandalika, Polda NTB Berlakukan Pengamanan Super Ketat

“Polri Gelar Patroli Darat-Laut-Udara”

Lombok Tengah, KOBAR – Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sekaligus demi menjaga keamanan dan kenyamanan penyelenggaraan World Superbike (WSBK) yang akan berlangsung pada tanggal 19-21 November 2021, Polda NTB memperketat pengamanan di sekitar area Sirkuit Mandalika, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Pengamanan super ketat akan dilakukan demi suksesnya penyelenggaraan WSBK, termasuk kaitannya dengan moda transportasi menuju Sirkuit Mandalika. Ada 5 titik yang akan digunakan untuk lokasi penempatan shuttle bus, yang akan mengangkut masyarakat yang mempunyai tiket menuju ke sirkuit. Yaitu; Pertama di Pelabuhan Bangsal, kedua, di Pelabuhan Kayangan, ketiga, di Pelabuhan Lembar, keempat, kita siapkan juga di eks Bandara Selaparang, dan yang kelima di Bandara BIL,” tutur Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, kepada awak media, Rabu, (17/11).

Polisi Memeriksa Kendaraan yang Lalu Lalang di Sekitar Sirkuit Mandalika

Pada 5 titik lokasi shuttle bus tersebut, jelasnya, telah disediakan bus-bus untuk melayani penumpang menuju Sirkuit Mandalika. Dimana penumpang atau penonton WSBK akan diangkut tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Bagi masyarakat yang sudah mempunyai tiket dipersilahkan untuk menumpang atau mendapat tumpangan bus yang telah disiapkan di 5 lokasi tersebut. Dengan catatan, bahwa yang mendapat tumpangan gratis itu adalah mereka yang sudah memiliki tiket menonton WSBK,” ujarnya.

Adapun jumlah moda transportasi yang telah disediakan di masing-masing titik, bebernya, adalah; 25 unit bus di eks Bandara Selaparang Kota Mataram, 25 unit bus di Pelabuhan Kayangan Lombok Timur, 25 unit bus di Pelabuhan Lembar Lombok Barat, 16 unit bus di Pelabuhan Bangsal Lombok Utara, dan 5 unit bus di Bandara Internasional Lombok (BIL).

Gelar Pasukan Polda NTB di Atas Kapal Baladewa-8002

“Bus-bus itu yang akan mengantar penonton menuju ke kantong parkir yang ada di parkir timur Sunggung dan kantong parkir yang ada di Masjid Nurul Bilad, Kuta Mandalika. Bagi masyarakat yang telah memiliki tiket, dipersilahkan memanfaatkan bus tersebut,” tandas Artanto.

Sementara itu, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto, melakukan assessment pengamanan WSBK pada hari Rabu, (17/11). Asistensi dilakukan di atas Kapal Baladewa-8002 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, sembari melakukan patroli laut dan udara di perairan Kuta Mandalika.

Patroli laut dan udara ini diikuti Kapolda NTB dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda NTB lainnya, guna memastikan event World Superbike dapat terlaksana dengan baik, tanpa gangguan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kabaharkam Polri dan Kapolda NTB Bersama Personel Polda NTB di Atas Kapal Baladewa-8002

“Hari ini saya bersama tim asistensi dari Mabes Polri melakukan peninjauan lokasi Mandalika, melalui laut menggunakan kapal dan helikopter untuk melihat objek yang akan diamankan, serta setting personel pengamanan yang telah disiapkan oleh Polda NTB,” jelas Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Hasil komunikasinya dengan Kapolda NTB, terangnya, Kabaharkam Polri menilai bahwa personel yang disiapkan Polda NTB telah siap siaga untuk melakukan pengamanan berbagai event yang akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika.

“Mudah-mudahan pada hari pelaksanaan event nanti semua bisa dilaksanakan dengan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Kita harus bangga bahwa di NTB ada fasilitas internasional. Kami memohon kepada segenap masyarakat untuk mendukung apa yang dilakukan pemerintah dengan menjaga salah satu fasilitas kebanggaan bangsa Indonesia ini,” tutup  Kabaharkam Polri. (klar)

Don`t copy text!