fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Tak Miliki GOR Serbaguna, Atlet di KSB Luntang Lantung - Inkai KSB latihan di Halaman Gedung Graha Fitrah KTC

Tak Miliki GOR Serbaguna, Atlet di KSB Luntang Lantung

Sudah sekian lama kebutuhan akan sebuah Gelanggang Olahraga (GOR) untuk semua Cabang Olahraga (Cabor) disuarakan oleh para penggiat olahraga di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Namun hingga saat ini, hal itu tak kunjung terwujud.

Memang di KSB telah terbangun sebuah GOR yang lumayan megah, yaitu, GOR Lalu Magaparang namanya. Namun GOR tersebut lebih tepatnya disebut stadion sepak bola. Karena selama berdiri, hampir menjadi milik cabor sepak bola saja. Itu pun diramaikan hanya pada event-event tertentu. Sedangkan cabor yang lain merasa dianak tirikan.

Padahal, hampir sebagian besar cabor yang berhasil mengharumkan nama Sumbawa Barat adalah cabor selain sepak bola. Dan kalau ditelisik lagi, rata-rata atlet dari cabor tersebut merupakan pemuda pemudi terbaik asal Sumbawa Barat. Meski dengan fasilitas dan pendanaan terbatas, mereka tetap bersemangat untuk mengharumkan nama daerah mereka.

GOR Lalu Magaparang

Banyaknya cabor yang digeluti oleh anak muda Sumbawa Barat, seharusnya memicu semangat pemerintah setempat untuk menyediakan sarana dan prasarana penunjang yang representatif, sebagai wadah mereka untuk mengolah bakat yang dimiliki. Salah satunya adalah menyediakan GOR Serbaguna untuk semua cabor.

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa olahraga merupakan sarana yang tepat dan positif untuk menyalurkan energi dan semangat anak muda yang sedang bergelora. Karena kalau tidak ada sarana untuk menyalurkan minat dan bakat mereka, maka akan membuat mereka mengarah ke hal-hal yang negatif.

Dekadensi moral, narkoba, pergaulan bebas di kalangan remaja bisa ditekan, jika tersedia aktivitas positif bagi mereka. Olahraga adalah salah satunya. Percuma kampanye anti narkoba, anti pergaulan bebas, jika tidak tersedia sarana yang tepat untuk mengekspresikan jiwa muda mereka.

Inkai KSB Latihan di Taman Tiangnam Taliwang

Konon, menurut informasi yang diterima media ini, bahwa Bupati Sumbawa Barat pada tahun 2017 pernah meminta kepada KNPI KSB untuk membuat desain bangunan GOR Serbaguna. Dan KNPI diketahui telah melakukan hal tersebut, dengan usulan agar GOR Serbaguna dibangun di Komplek Kemutar Telu Center (KTC).

Sebab untuk mencapai prestasi olahraga yang baik, perlu ada sarana dan prasarana yang memadai, termasuk ketersediaan gedung dan fasilitas pendukung lainnya. Jikalau GOR Serbaguna telah tersedia, maka semua atlet berprestasi akan berlatih dengan maksimal di dalam satu gedung terpadu. Baik atlet silat, karate, taekwondo, tinju, dan lain-lain. Tinggal waktu latihannya saja yang diatur.

Sebenarnya, pemerintah setempat tidak akan butuh dana yang besar serta waktu yang lama, untuk mewujudkan harapan para penggiat olahraga tersebut. Cukup alih fungsikan gedung yang sudah ada yang menjadi milik pemerintah, kemudian direhab sedikit saja untuk disesuaikan fungsinya sebagai GOR Serbaguna. Persoalannya, hanya tinggal mau atau tidak. Itu saja! **

Don`t copy text!