fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

HK Endurance Challenge 2021 - Lombok Series - Hutama Karya

HK Endurance Challenge Jadi Event Internasional Pertama Sejak Pandemi di NTB

Mataram, KOBAR – 100 orang dari 18 negara dan 5 benua, dilaporkan telah berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk mengikuti event internasional pertama di NTB sejak pandemi Covid-19. Yaitu, HK Endurance Challenge 2021, Lombok Series, yang akan berlangsung hari ini, Minggu, 17 Oktober 2021.

HK Endurance Challenge merupakan kejuaraan dunia, yang diselenggarakan oleh PT Hutama Karya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang terdiri dari serangkaian cabang olahraga, yaitu, renang antar pulau, bersepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu oleh setiap peserta. 

Rute HK Endurance Challenge 2021 – Lombok Series

Total jarak tempuh kejuaraan dunia ini adalah sejauh 123 km, dengan rute Kepulauan Gili Air-Pantai Sira sepanjang 2 km, Pantai Sira-Kuta Mandalika sepanjang 100 km, dan Kuta Mandalika-Sirkuit Mandalika sepanjang 21 km.

“Kami telah mengantongi izin penyelenggaraan kegiatan dari Satgas Covid-19 NTB, Kapolda setempat, pemerintah Lombok, Dinas Pariwisata NTB, dan juga pihak-pihak terkait lainnya,” kata Novias Nurendra, Direktur Operasi I Hutama Karya, sekaligus Pembina HK Endurance Challenge 2021, dalam keterangan pers, Jum’at, (15/10).

Etape I

Protokol kesehatan yang ketat, jelasnya, menjadi aspek utama yang disiapkan pihaknya secara matang. Mengingat event ini melibatkan berbagai atlet internasional yang berasal dari 5 benua,  yakni, Amerika, Eropa, Asia, Afrika, dan Australia. 

“Kami juga pastikan kesiapan para atlet, baik dari segi fisik maupun administrasi telah 95 persen dinyatakan siap,” ujarnya.

Etape II

Event ini, tambahnya, merupakan aksi kolaboratif dengan beberapa perusahaan BUMN. Diantaranya, yaitu,  PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), dan PT Bank Mandiri (Persero).

“Saya optimis bahwa penyelenggaraan HK Endurance Challenge 2021, Lombok Series ini dapat tercapai tujuan utamanya. Saya berterima kasih dan mengajak semua pihak untuk memperkenalkan pariwisata Lombok melalui pendekatan sport tourism, mendekatkan perekonomian dan kualitas pendidikan, serta siswa berprestasi di Lombok,” tandas Novias Nurendra.

Etape III

Menyambut event internasional ini, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, dalam keterangan persnya, menyatakan mendukung penuh dan menyambut baik gelaran yang diinisiasi HK tersebut, untuk mendukung pelaksanaan World SuperBike (WSBK) dan MotoGP di NTB.

“Kegiatan ini akan mendukung pengembangan pariwisata dan memulihkan kembali kegiatan perekonomian di NTB. Jika event ini sukses, orang-orang akan semakin yakin untuk datang ke NTB, dan kembali berwisata dengan aman dan sehat. Seiring dengan level Covid-19 yang semakin menurun,” kata Gubernur NTB.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Thohir, menyampaikan, bahwa event HK Endurance Challenge 2021, Lombok Series ini, akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, sesuai dengan penerapan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental (CHSE). 

“Harapannya, tentu event ini dapat berjalan dengan lancar dan untuk terus memajukan dan menginspirasi BUMN lainnya, agar terus bersinergi dalam situasi dan kondisi apa pun,” demikian Erick Thohir. (kdon)

Don`t copy text!