fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Sekda KSB Terapkan Absensi Online, Untuk Awasi Disiplin ASN dan PTT - Amar Nurmansyah

Sekda KSB Terapkan Absensi Online, Untuk Awasi Disiplin ASN dan PTT

Amar Nurmansyah: Atasan Harus Jadi Contoh Buat Bawahan

Taliwang, KOBAR – Semenjak dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Amar Nurmansyah melakukan aneka cara untuk meningkatkan kinerja dan disiplin para ASN dan PTT di KSB. Salah satunya dengan menerapkan Sistem Informasi Absensi Online (SIAO).

Karena ketika absensi sidik jari sempat dihentikan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan perkantoran pemerintah setempat. Beberapa SKPD kembali memberlakukan absensi manual di kantor masing-masing.

“Kita harus punya terobosan baru soal absensi pegawai. Jika selama ini kita menerapkan absensi sidik jari, tapi kemudian terkendala pandemi Covid-19. Maka kita terapkan absensi secara online, yang kontrolnya terpusat di BKPSDM,” kata Amar Nurmansyah, Sekda KSB, kepada awak media ini, Selasa, (28/9).

Apel Bendera Senin Pertama Setelah Pandemi Covid-19, Dipimpin Wakil Bupati Sumbawa Barat

Absensi online atau SIAO tersebut, jelasnya, tidak hanya berlaku bagi para ASN saja. Tapi juga berlaku untuk seluruh PTT di KSB. Hal itu, menurutnya, penting dan perlu dilakukan untuk mempermudah pengawasan terhadap kedisiplinan para aparatur daerah setempat.

Disamping itu, ia juga mengingatkan kepada para pimpinan OPD, agar rutin dan aktif mengontrol bawahannya terkait disiplin kehadiran pegawai. Sebab jika tidak dikontrol dengan baik dan ketat oleh atasan mereka masing-masing, maka kasus pelanggaran disiplin pegawai bisa terjadi.

“Saya baru tahu ternyata ada pegawai yang tidak hadir kerja sebanyak 50 hari dalam setahun, setelah saya rapat dengan komisi disiplin. Dikroscek ke OPD terkait, laporannya bahwa kasubbag kepegawaian tidak mengingatkan. Kasus ini juga terjadi, karena atasan tidak mengontrol dengan baik kehadiran bawahannya,” tutur Amar.

Inspeksi Barisan Pimpinan OPD KSB Oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat

Oleh karena itu, ia mengingatkan kepada para atasan, baik itu eselon II, eselon III, maupun eselon IV, agar tetap selalu melakukan pengawasan secara berjenjang kepada bawahan mereka. Dan diminta agar selalu memberikan peringatan kepada bawahan mereka agar tetap disiplin.

Pada kesempatan ini juga, Sekda juga mengingatkan kepada seluruh ASN agar dapat meningkatkan sensitifitas mereka. Baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat. Para ASN diminta untuk peka terhadap kondisi di dalam kantornya, jika di kantornya tidak bersih, tidak teratur, dan lain-lain.

“Demikian juga di dalam masyarakat. Jika melihat ada yang tidak bersih, kondisi lingkungan yang kotor, maka harus segera mengambil tindakan. Tidak boleh ditonton saja. Para ASN harus bisa menunjukkan sensitifitasnya, baik di lingkungan kantor maupun di lingkungan masyarakat,” tegas Sekda KSB. (kdon)

Don`t copy text!