fbpx
Lahan Telah Lunas Dibayar, Bandara Sumbawa Barat Segera Dibangun

Lahan Telah Lunas Dibayar, Bandara Sumbawa Barat Segera Dibangun

Poto Tano, KOBAR – Setelah melalui proses negosiasi dan transaksi selama berbulan-bulan dengan para pemilik lahan untuk pembangunan Bandara Sumbawa Barat di Desa Kiantar, Kecamatan Poto Tano. Akhirnya, keseluruhan lahan seluas 124 hektar untuk pembangunan bandara tersebut, dinyatakan telah lunas dibayar 100%.

“Alhamdulillah, lahan seluas 124 hektar untuk kepentingan pembangunan Bandara di Desa Kiantar telah tuntas dibayarkan,” beber Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, kepada awak media, Kamis, (9/9). 

Dengan telah tuntasnya pembayaran lahan Bandara tersebut, jelasnya, maka akan segera dilakukan penyusunan Detail Engineering Design (DED), yaitu, perencanaan pembangunan secara teknis dan lebih rinci, dalam bentuk gambar beserta spesifikasinya. Termasuk kelengkapan lainnya, sesuai SOP pembangunan bandar udara.

“Setelah melalui beberapa tahapan kajian dan pengurusan dokumen hingga lengkap. Insya Allah, tahun 2022 pembangunan bandara segera dilakukan,” terang Bupati.

Sebelumnya, dalam keterangan pers, Bupati menyampaikan, bahwa terkait pembebasan lahan bandara di Desa Kiantar, ia yakin masyarakat tidak akan dirugikan. Karena harga tanah ditentukan di atas nilai transaksi berjalan. Serta secara moral, etika, dan ilmu, harga tanah ditetapkan setelah melalui kajian dan pemetaan oleh KJPP/Appraisal.

“Harga rata-rata terendah per hektar Rp 427 juta, dan harga tertinggi Rp 527 juta per hektar. Harga tersebut adalah harga yang sudah baku. Tim appraisal yang mengeluarkan keputusan tersebut, sudah memastikan bahwa penilaian harga dilakukan secara profesional, tanpa ada intervensi dari pihak mana pun. Jadi tidak ada ruang lagi untuk didebat,” tandas Bupati Sumbawa Barat. (kdon)

Don`t copy text!