fbpx
AMMAN Gagal Rebut Hati Masyarakat Lingkar Tambang Batu Hijau

AMMAN Gagal Rebut Hati Masyarakat Lingkar Tambang Batu Hijau

Tidak seperti pendahulunya, yaitu, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), Perusahaan Multinasional, pengelola tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia yang terletak di Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), perusahaan nasional yang berhasil merebut pengelolaan Tambang Batu Hijau dari Newmont, dinilai sejumlah kalangan tidak berhasil alias gagal merebut hati masyarakat lingkar tambang.

Salah satu yang dinilai mencolok telah mencederai hati masyarakat setempat adalah dukungan finansial AMMAN kepada PERSIJA Jakarta, klub sepak bola DKI Jakarta, selama kurun waktu 2 tahun berturut-turut.

Padahal diketahui, di Sumbawa Barat sendiri pernah ada klub sepak bola yang telah berhasil tembus ke Liga 2 dan Liga 3 kompetisi sepak bola Indonesia, tapi tidak dilirik AMMAN sama sekali.

Semenjak Newmont hengkang dari tambang batu hijau, klub sepak bola kebanggaan masyarakat Sumbawa Barat, yang sempat mengharumkan nama NTB di Liga 2 lenyap ditelan bumi.

Alih-alih AMMAN mendukung finansial dan menjadi official sponsor klub lokal tersebut, justru beberapa tahun kemudian malah jadi official sponsor PERSIJA Jakarta.

Apapun dalih yang dipakai pihak AMMAN untuk menjadi sponsor utama PERSIJA, dinilai bertolak belakang dengan nalar dan tanggung jawab sosial perusahaan, dan tentunya masyarakat lingkar tambang menolaknya dengan tegas.

Pengumuman Amman yang kembali menjadi official sponsor PERSIJA Jakarta musim 2021-2022, baru-baru ini, mendapat reaksi negatif dari masyarakat lingkar tambang. Setelah pada tahun 2020, untuk pengumuman yang sama, mendapat reaksi serupa dari masyarakat lingkar Tambang Batu Hijau Sumbawa. 

Netizen Sumbawa Barat, di hampir setiap berita media tentang pengumuman tersebut berkomentar miring atas sikap AMMAN. Dan hampir setiap berita media soal itu, selalu diserbu netizen Sumbawa Barat dengan komentar negatif.

Seyogyanya, dengan transformasi identitas baru yang digaungkan AMMAN, yaitu, “Menciptakan Warisan Terbaik”, harus dipegang teguh dan dijalankan pada koridor yang benar. Jangan sampai sejarah mencatat, bahwa perusahaan asing lebih dicintai masyarakat lingkar Tambang Batu Hijau ketimbang perusahaan nasional. **

Don`t copy text!