fbpx
Dokter Spesialis Tugas Belajar Perkuat Pelayanan Kesehatan di RSUD Asy-Syifa’ KSB

Dokter Spesialis Tugas Belajar Perkuat Pelayanan Kesehatan di RSUD Asy-Syifa’ KSB

Taliwang, KOBAR – Beberapa orang dokter yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yang selama ini ditugaskan belajar untuk menjadi dokter spesialis, dilaporkan satu persatu telah berhasil lulus dan kembali memperkuat Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’ KSB.

“Puji Tuhan, awal bulan Juni ini, kami kedatangan dokter spesialis baru, yaitu, dr I Putu Kusphartha Aryadhi SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Yang bersangkutan merupakan dokter PNS di sini yang telah selesai mengikuti pendidikan dokter spesialis, dan kini kembali mengabdi di Kabupaten Sumbawa Barat,” kata dr Carlof Sitompul, Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB, kepada awak media ini, Senin, (7/6).

Dengan bertambahnya dokter spesialis ini, lanjutnya, diharapkan dapat semakin meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan di RSUD Asy-Syifa’, khususnya dalam rangka menurunkan angka kematian Ibu dan angka kematian bayi di Kabupaten Sumbawa Barat.

“Selamat datang kembali dr I Putu Kusphartha Aryadhi SpOG. Selamat bergabung dan bertugas di RSUD Asy-Syifa’ KSB,” ujar dr Carlof.

Pada kesempatan ini, ia pun menjelaskan, bahwa sejak tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah menyekolahkan beberapa orang dokter ASN untuk menjadi dokter spesialis. Hal itu dilakukan, terangnya, bertujuan untuk memperkuat pelayanan rumah sakit dalam jangka panjang. 

“Tahun ini, dengan adanya tambahan dokter spesialis baru, maka bisa menjawab kebutuhan rumah sakit akan dokter spesialis. Memang kendala kita dari dulu adalah soal mendatangkan tenaga dokter spesialis dalam jangka waktu panjang. Karena yang ada saat ini masih sifatnya kontrak. Dimana seorang dokter spesialis dikontrak dalam jangka waktu 6 bulan hingga 1 tahun. Ketika kontraknya habis, maka dengan serta merta pelayanan kesehatan pada spesialis itu terhenti,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Carlof, bahwa program tugas belajar dokter spesialis yang telah berlangsung selama ini begitu sangat berguna. Dan tahun ini, bebernya, akan dipetik hasilnya. Yang mana, pelayanan kesehatan di RSUD Asy-Syifa’ kembali diperkuat oleh 4 orang dokter spesialis tugas belajar.

“Sebanyak 4 orang dokter PNS di KSB yang telah mengambil sekolah spesialis, akan menyelesaikan sekolahnya tahun ini. Keempat dokter PNS tersebut, yakni, dokter spesialis radiologi, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis bedah, dan dokter spesialis patologi klinik,” demikian Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB. (kdon)

Don`t copy text!