fbpx
RSUD Asy-Syifa’ KSB Siap Layani Pasien Operasi Katarak

RSUD Asy-Syifa’ KSB Siap Layani Pasien Operasi Katarak

Taliwang, KOBAR – Sejak berstatus sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’ Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), terus berupaya untuk meningkatkan pelayanannya. Salah satu diantaranya, adalah melayani masyarakat yang akan melakukan operasi katarak dan juga pelayanan kesehatan mata lainnya.

Operasi Katarak RSUD Asy Syifa KSB 1
Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB bersama Para Pasien yang Akan Menjalani Operasi Katarak

“Puji Tuhan, pada hari Jum’at, pekan kemarin, kami telah sukses melaksanakan operasi katarak terhadap pasien kami. Tim dokter spesialis mata dengan tim Kamar operasi RSUD Asy-Syifa’ telah berhasil melakukan operasi terhadap 13 orang pasien yang sebelumnya dirujuk oleh Puskesmas di wilayah KSB,” tutur dr Carlof Sitompul, Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB, Selasa, (1/6).

Operasi katarak yang dilakukan, jelasnya, merupakan bagian dari pelayanan yang ada di RSUD Asy-Syifa’ terhadap para pasien. Hal itu dapat kembali dilakukan semenjak klinik mata RSUD Asy-Syifa’ kembali aktif pada tanggal 1 Mei 2021, setelah sebelumnya vakum akibat pandemi Covid-19.

Operasi Katarak RSUD Asy Syifa KSB 2
Operasi Katarak di RSUD Asy-Syifa’ KSB

Pada kesempatan ini, ia juga menerangkan, bahwa penyebab katarak yang paling umum adalah proses penuaan. Oleh karena itu, lanjutnya, itulah sebabnya kenapa mayoritas penderitanya adalah lansia. Kendati demikian, kata Carlof, ada juga beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan katarak pada lensa mata, seperti, penyakit diabetes dan kebiasaan merokok.

“Mari kita jaga kesehatan mata kita semua. Semoga dengan kembali aktifnya klinik mata di RSUD Asy-Syifa’ ini, pelayanan kesehatan mata dapat tetap berlangsung untuk dapat mengurangi angka kebutaan di Sumbawa Barat,” demikian Direktur RSUD Asy-Syifa’. (kdon)

Don`t copy text!