fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Sorgum Bima Diekspor Ke Korea

Sorgum Asal Bima Berhasil Tembus Pasar Korea

Bima, KOBAR – Sebanyak 2 kontainer sorgum seberat 18 ton asal Bima diekspor ke Korea Selatan. Sorgum berupa biji dan batang tersebut, terlebih dahulu diolah di Situbondo, Jawa Timur.

“Sebelum diekspor, kami melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan tersebut dimaksudkan untuk memastikan tidak adanya organisme pengganggu tumbuhan karantina yang ikut terbawa melalui komoditas yang akan dilalulintaskan. Selain itu, juga untuk memastikan kesesuaian jenis dan volume komoditasnya,” tutur Farid, Pejabat Karantina Tumbuhan, Karantina Pertanian Sumbawa, Jum’at, (30/4).

Terlebih lagi, lanjutnya, sorgum ini merupakan salah satu produk asal Bima yang potensial dapat menembus pasar ekspor. Sehingga pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan kontainer dan kesesuaian nomor alat angkut, untuk memastikan ketelusuran produk.

Sorgum

“Terlebih ini merupakan salah satu produk asal Bima yang potensial dapat menembus pasar ekspor. Sehingga kami juga melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan kontainer dan kesesuaian nomor alat angkut,” jelasnya.

Sementara itu, Ida Bagus Putu Raka Ariana, Kepala Karantina Pertanian Sumbawa, menyatakan, bahwa dalam upaya mewujudkan dan menyukseskan Gratieks di Pulau Sumbawa, pihaknya melakukan pendampingan dan memfasilitasi kemudahan ekspor komoditas pertanian potensi ekspor dari daerah, agar dapat diekspor ke pasar dunia.

“Kami selalu melakukan pendampingan dan memfasilitasi kemudahan ekspor komoditas pertanian potensi ekspor dari daerah, agar dapat diekspor ke mancanegara. Hal itu kami lakukan, dengan harapan agar dapat memberikan sumbangsih devisa negara, serta perubahan bagi peningkatan perekonomian, khususnya di Pulau Sumbawa,” demikian Kepala Karantina Pertanian Sumbawa. (klar)

Don`t copy text!