Siswa Kelas VI dan Kelas IX di Sumbawa Barat Dibolehkan Masuk Sekolah

Siswa Kelas VI dan Kelas IX di Sumbawa Barat Dibolehkan Masuk Sekolah

Taliwang, KOBAR – Setelah semua sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ditutup beberapa bulan, karena pandemi Covid-19 yang menggila. Akhirnya, Pemerintah KSB kembali memutuskan untuk memperbolehkan siswa SD dan SMP untuk belajar tatap muka di sekolah.

“Pembelajaran tatap muka semester genap tahun ajaran 2020/2021, pada Kelas VI SD dan Kelas IX SMP, dapat dilaksanakan pada semua zona, mulai tanggal 22 Februari 2021. Hal tersebut diputuskan dengan mempertimbangkan peta resiko penyebaran Covid-19, dan senantiasa berkoordinasi dengan UPTD Puskesmas masing-masing Kecamatan,” kata H Abdul Azis SH MH, Plh Bupati Sumbawa Barat, dalam surat edarannya, Jum’at, (19/2).

Pembelajaran tatap muka pada masa pandemi Covid-19, lanjut Plh Bupati, tetap harus mengedepankan prinsip keselamatan dan kesehatan warga sekolah, yaitu, kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik.

“Satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut; Pertama, mematuhi dan menjalankan keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat Nomor 057 /420/DIKBUD/2020, tentang Panduan Operasional Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021, pada masa pandemi Covid-19 di KSB,” tegasnya.

Selanjutnya, kata Abdul Azis, sekolah harus telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa Covid-19, dan telah memenuhi ketersediaan sarana prasarana untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Serta telah terpenuhinya daftar periksa kesiapan sekolah, melalui kegiatan pemantauan dan verifikasi oleh tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KSB.

“Dan yang terakhir, pihak sekolah harus memperoleh surat persetujuan atau izin dari orang tua siswa, untuk bisa melaksanakan proses pembelajaran tatap muka di sekolah. Serta mendapatkan rekomendasi dari pengurus komite sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran tatap muka di sekolah,” demikian Plh Bupati Sumbawa Barat. (kdon)

Don`t copy text!