fbpx
Ratusan Ekor Burung Hasil Razia di Sumbawa Dilepas Ke Alam Bebas

Ratusan Ekor Burung Hasil Razia di Sumbawa Dilepas Ke Alam Bebas

Sumbawa, KOBAR – Ratusan ekor burung hasil razia gabungan Karantina Pertanian Sumbawa bersama aparat kepolisian, dilepas kembali ke habitatnya di Taman Wisata Alam Semongkat, Sumbawa.

“Tidak hanya satu atau dua, ini ratusan bahkan hampir ribuan burung hasil tangkapan giat pengawasan pelabuhan pejabat Karantina Pertanian Sumbawa Wilayah Kerja Pelabuhan Poto Tano bersama Polisi Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan,” tutur Andra, Dokter Hewan Karantina Pertanian Sumbawa, Senin, (8/2).

Sebanyak 635 ekor burung, jelasnya, ditemukan di dalam bagasi bus tujuan Surabaya, pada akhir bulan Januari. Kemudian burung-burung itu disita. Burung-burung tersebut termasuk dalam satwa yang dilindungi, diantaranya; Jenis manyar, kepodang, decu, kecial, srigunting, branjangan, dan zebra finch. 

“Kami berkoordinasi dengan BKSDA untuk pelepasan ke habitat mereka di Taman Wisata Alam Semongkat. Tapi terlebih dahulu, kami merawatnya untuk menghindari stres. Disamping itu, kami juga memeriksa naluri alamiah mereka untuk mencari makan tidak terganggu, dan bulu-bulu mereka masih lengkap untuk mengepakkan sayap,” demikian Dokter Hewan Karantina Pertanian Sumbawa. (klar)

Don`t copy text!