fbpx
Sumbawa Barat Akan Miliki Food Estate Seluas 100 Hektar di Sekongkang

Sumbawa Barat Akan Miliki Food Estate Seluas 100 Hektar di Sekongkang

Sekongkang, KOBAR – Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dilaporkan akan mengembangkan Food Estate seluas 100 hektar di Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

“Hari ini kita bisa berbuka puasa bersama sekaligus bersilaturahmi dengan Pangdam IX/Udayana dan rombongan, di atas lahan lapang seluas 100 hektar sebagai lahan Food Estate. Terima kasih kami sampaikan kepada Pangdam Udayana, yang telah bercita-cita untuk membangun Sumbawa Barat dari desa kecil ini. Khususnya di bidang pertanian, sebagai penunjang perekonomian Indonesia, khususnya yang ada di Provinsi NTB,” kata Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, saat menerima kunjungan Pangdam Udayana, di lokasi lahan Food Estate, Selasa, (27/4).

Food Estate Sumbawa Barat 2
Pangdam IX/Udayana saat meninjau lahan Food Estate Sumbawa Barat

Lahan food estate ini, terangnya, bukanlah milik perorangan. Tetapi lahan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pertanian KSB dan TNI, bersama Kelompok Tani yang ada di Desa setempat.

“Mari kita bangun Sumbawa Barat ini melalui pengembangan ketahanan pangan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat NTB, khususnya Sumbawa Barat,” tandas Fud Syaifuddin.

Food Estate Sumbawa Barat 4
Pangdam IX/Udayana saat menyimak paparan dari Dandim 1628/Sumbawa Barat, tentang Site Plan Food Estate Sumbawa Barat.

Sementara itu, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak MSc, pada kesempatan ini, menyampaikan, bahwa pembangunan food estate ini sebagai pilot project untuk ketahanan pangan, khususnya di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.

“Ini berawal dari ide saya untuk memotivasi ketahanan pangan khususnya di NTB. Kemudian saya diskusikan dengan Gubernur dan Danrem pada saat kunjungan pertama ke Lombok. Ternyata Pemerintah Daerah mendukungnya, dengan sangat luar biasa,” tutur Maruli Simanjuntak.

Food Estate Sumbawa Barat 3
Pangdam IX/Udayana saat menyimak paparan dari Dandim 1628/Sumbawa Barat, tentang Site Plan Food Estate Sumbawa Barat.

Jika pilot project bisa berjalan dengan baik, lanjutnya, maka pihaknya ke depan akan merencanakan hal yang lebih besar. Sebab terkait dengan kebutuhan pangan, kata Maruli, masyarakat tidak akan pernah cukup. Untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri saja hampir semua item pangan tidak cukup, padahal jika dihadapkan dengan luasnya lahan di Indonesia, seharusnya Indonesia mampu mengekspor pangan.

Food Estate Sumbawa Barat 1
Pangdam IX/Udayana menanam pohon, sebagai tanda dimulainya pembangunan Food Estate Sumbawa Barat.

Disamping itu, tambahnya, bahwa tugas TNI dalam situasi tidak perang diharapkan dapat membantu masyarakat dalam berbagai persoalan. Termasuk di bidang ketahanan pangan, seperti membuka lahan pertanian.

“Kodam IX/Udayana juga memiliki program pengadaan air minum melalui pompa hidram yang dikerjakan secara gotong-royong, sehingga biaya yang dikeluarkan bisa berkurang. Semoga apa yang kita lakukan bersama ini, bermanfaat bagi masyarakat. Tentunya dengan mengharap ridho Tuhan yang maha kuasa,” demikian Pangdam IX/Udayana. (kdon)

Don`t copy text!