fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Penduduk Pulau Sumbawa Dapat Giliran Vaksinasi Covid-19

Mataram, KOBAR – Sebanyak 18.600 dosis vaksin Covid-19 dilaporkan telah distribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa pekan ini. Vaksin buatan Sinovac ini disimpan di masing-masing instalasi farmasi Dinas Kesehatan setempat, menyusul giliran vaksinasi terhadap para tenaga kesehatan di Pulau Sumbawa.

“Pendistribusian vaksin Covid-19 ke Pulau Sumbawa merupakan kelanjutan dari vaksinasi tahap pertama, yang akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan. Vaksin yang telah dikirimkan tersebut adalah vaksin yang sama dengan digunakan di seluruh Indonesia,” tutur dr H Lalu Hamzi Fikri, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Jum’at, (29/1).

Pemerintah NTB melalui Dinas Kesehatan dan pihak terkait, jelasnya, telah mendistribusikan vaksin Covid-19 ke Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima,  Kamis, (28/1). Hal Ini, katanya, merupakan tindak lanjut dari proses vaksinasi yang telah diagendakan Pemprov NTB sebelumnya.

“Total sebanyak 18.600 dosis vaksin Covid-19 telah didistribusikan ke 5 Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa. Dengan rincian sebagai berikut; Sumbawa Barat  2.560 dosis, Sumbawa 6.400 dosis, Dompu 3.640 dosis, Bima 3.720 dosis, dan Kota Bima 2.280 dosis,” terang Lalu Hamzi Fikri.

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama, tambahnya, diberikan kepada para tenaga kesehatan agar bisa memiliki kekebalan khusus. Biar mereka bisa terhindar dari penularan atau sakit berat akibat Covid-19. Pemerintah, tegasnya, menjamin vaksin yang digunakan sesuai dengan standar keamanan, dan telah melewati uji klinis yang ketat.

“Semoga apa yang diikhtiarkan saat ini menjadi jawaban yang selama ini kita tunggu. Namun, dibalik semua itu, Pemerintah tidak akan mampu untuk bekerja sendiri. Dukungan dan kesadaran masyarakat akan menjadi penentu keberhasilan semua ikhtiar tersebut,” demikian Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB. (klar)

Don`t copy text!