Hari Rabu, Vaksinasi Covid-19 Dilaksanakan di Sumbawa Barat

Hari Rabu, Vaksinasi Covid-19 Dilaksanakan di Sumbawa Barat

Taliwang, KOBAR – Setelah sebanyak 2.560 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tersedia di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Sehingga hari Rabu, tanggal 3 Februari 2021, vaksinasi tahap pertama dijadwalkan akan dilaksanakan secara serentak di KSB.

Sebelum dilakukan vaksinasi, Senin, (1/2), para calon penerima vaksin diskrining terlebih dahulu oleh Dinas Kesehatan KSB. Bagi Forkopimda dan para pejabat setempat, proses skrining dilaksanakan di RSUD Asy-Syifa’ KSB.

Sementara skrining untuk para tenaga kesehatan yang berjumlah 362 orang yang telah terdaftar untuk diberi vaksin, dilaksanakan di Puskesmas masing-masing. 

“Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah para calon penerima vaksin dosis pertama ini memiliki riwayat penyakit sebelumnya atau tidak. Sebab ada beberapa jenis penyakit yang membuat seseorang tidak bisa disuntik vaksin,” kata dr Carlof Sitompul, Direktur RSUD Asy-Syifa’.

Dalam proses skrining, jelasnya, ada beberapa pertanyaan yang diajukan kepada para calon penerima vaksin terkait riwayat kesehatan mereka. Diharapkan agar setiap pertanyaan yang diajukan dijawab dengan jujur, untuk mengantisipasi gejala penyakit yang tidak dapat dideteksi oleh alat skrining. 

“Peserta yang dinyatakan lolos tes skrining maka akan dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin, yang akan dilaksanakan pada hari rabu, tanggal  3 Februari, bertempat di gedung Graha Fitrah, KTC,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Ia pun mengajak masyarakat untuk tidak ragu dan takut disuntik vaksin. Pemerintah, kata Carlof, telah menjamin vaksin Covid-19 yang digunakan saat ini aman dan halal. 

“Namun ingat, walaupun telah divaksin, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan 5 M. Yaitu; Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” demikian Direktur RSUD KSB. (kdon)

Don`t copy text!