fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

WHO: Covid-19 Tidak Akan Menjadi Pandemi Terakhir

Jenewa, KOBAR – Krisis virus corona tidak akan menjadi pandemi terakhir di dunia. Dan upaya untuk meningkatkan kesehatan manusia akan menjadi percuma, tanpa mengatasi perubahan iklim dan kesejahteraan hewan.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, Minggu, (27/12), dalam pidatonya pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional, di Jenewa, Swiss.

Ia juga mengecam pandangan sempit dan berbahaya, yang lebih memilih menggelontorkan uang untuk menangani wabah sekarang, tapi tidak bersiap untuk mengatasi wabah berikutnya.

“Terlalu lama dunia telah beroperasi pada siklus kepanikan dan pengabaian. Kita membuang uang pada wabah. Dan ketika itu berakhir, kita melupakannya dan tidak melakukan apa pun untuk mencegah yang berikutnya. Ini berbahaya! Terlihat picik, dan terus terang sulit dimengerti,” kata Tedros Adhanom.

Ia mengutip laporan tahunan pertama Global Preparedness Monitoring Board, pada bulan September 2019, tentang kesiapan dunia untuk keadaan darurat kesehatan, yang menyebutkan, bahwa planet ini benar-benar tidak siap untuk pandemi yang berpotensi menghancurkan. Laporan tersebut diterbitkan beberapa bulan sebelum Covid-19 merebak.

“Sejarah memberitahu kita, bahwa ini tidak akan menjadi pandemi terakhir. Dan epidemi adalah fakta kehidupan. Pandemi telah menyoroti hubungan intim antara kesehatan manusia, hewan, dan planet,” kata Tedros.

Setiap upaya meningkatkan kesehatan manusia, lanjutnya, akan gagal, kecuali kita mengatasi hubungan kritis antara manusia dan hewan, serta ancaman perubahan iklim yang membuat Bumi kurang layak huni.

“Dalam 12 bulan terakhir, dunia kita terbalik. Dampak pandemi jauh melampaui penyakit itu sendiri, dengan konsekuensi yang besar bagi masyarakat dan ekonomi,” tuturnya.

Tetapi mantan Menteri Kesehatan Ethiopia itu menegaskan, bahwa krisis Covid-19 seharusnya tidak mengejutkan, mengingat peringatan yang berulang-ulang.

“Kita semua harus belajar! Pandemi Covid-19 ini mengajarkan kita,” tukasnya.

Tedros mengajak semua negara untuk berinvestasi dalam kapasitas kesiapsiagaan, untuk mencegah, mendeteksi, dan mengurangi keadaan darurat dari semua jenis, dan menyerukan penyediaan perawatan kesehatan primer yang lebih kuat.

“Kita harus memastikan bahwa anak-anak kita dan anak-anak cucu kita mewarisi dunia yang lebih aman, lebih tangguh dan lebih berkelanjutan,” demikian Direktur Jenderal WHO. (kdnt)

Don`t copy text!