20/10/2020

PORTAL BERITA KOBAR

www.kobarksb.com

Tes Covid

Metode Tes Covid-19 dan Cara Mudah Membaca Hasil Tes

Untuk memastikan seseorang terjangkit Covid-19, tidak cukup dengan melihat gejalanya saja. Perlu pemeriksaan lebih lanjut dan metode tes khusus untuk memastikan seseorang telah terpapar virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sejak awal virus corona ditemukan di Wuhan, Tiongkok, merekomendasikan uji tes Covid-19 dilakukan secara masif. Hal itu dilakukan, supaya orang yang terinfeksi bisa ditemukan, kontak eratnya bisa dilacak, kemudian dilakukan isolasi agar tidak menjadi sumber penularan.

Tes uji spesimen yang dianjurkan adalah dengan metode PCR (polymerase chain reaction). PCR menggunakan antigen. Hasil pemeriksaan spesimen dengan PCR sudah dipastikan akurat.

Disamping itu, ada juga metode tes yang lain, yaitu, metode penapisan dengan rapid test atau tes cepat. Bedanya, uji rapid test menggunakan antibodi. Sehingga jika diperiksa dengan rapid test, hasilnya belum tentu pasti.

Oleh sebab itu, jika setelah dilakukan pemeriksaan rapid test, baik hasilnya positif ataupun negatif, isolasi mandiri tetap harus dilakukan. Isolasi bisa dilakukan secara mandiri di rumah atau kelompok. 

Barulah, ketika mengalami keluhan dan gejala, maka pemeriksaan PCR akan dilakukan untuk mengkonfirmasi kepastian seseorang telah terpapar Covid-19. PCR akan dilakukan, jika sudah ada gejala klinis.

Berikut adalah beberapa jenis metode tes Covid-19 yang ada di Indonesia, dan cara mudah untuk mengetahui hasil tes yang telah dilakukan.

Metode Tes Covid-19

Metode Tes Covid-19

Metode Tes Covid-19

Metode Tes Covid-19

Baca Juga :  Berhasil Tangani Pandemi Covid-19, KSB Dapat Bonus Dari Kemenkeu Rp 13,4 M

KOMENTAR

Komentar

Don`t copy text!