fbpx
Warga Taliwang Antusias Datang Ke TPS Gunakan Hak Pilih

Warga Taliwang Antusias Datang Ke TPS Gunakan Hak Pilih

“Protokol Kesehatan Wajib Dipatuhi Pemilih”

Taliwang, KOBAR – Meski hanya ada satu Pasangan Calon (Paslon) yang mengikuti Pilkada Serentak di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Apalagi Pilkada tahun ini digelar di tengah pandemi Covid-19. Tapi hal itu, tidak membuat surut semangat masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat. 

Pantauan awak media ini, hampir seluruh TPS yang ada di dalam Kota Taliwang, Rabu, (9/12), dipadati masyarakat yang ingin menggunakan hak pilih mereka. Kendati demikian, Protokol Kesehatan Covid-19 tidak kendor ditegakkan oleh para petugas TPS.

“Dari jam 7 pagi, masyarakat sudah ramai hadir di sini. Tapi protokol kesehatan wajib kami tegakkan. Jaga jarak, pakai masker, bawa alat tulis sendiri, pakai sarung tangan, serta cuci tangan dengan sabun, harus ditaati oleh setiap orang yang datang mencoblos di sini,” tutur Adi, salah seorang petugas TPS di Lingkungan Kemutar Telu, Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang.

Bahkan, katanya, jika ada warga yang memiliki suhu badan di atas standar yang telah ditetapkan, ketika suhu tubuh mereka dites sebelum masuk bilik suara. Maka pihaknya, kata Adi, tidak segan-segan untuk meminta yang bersangkutan pulang, dan tidak diperkenankan masuk ke bilik suara.

“Ketika ada orang yang terdeteksi suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius. Maka kami minta yang bersangkutan untuk pulang ke rumah. Suhu tubuh pemilih yang diperkenankan masuk berkisar antara 36,5 sampai 37,5 derajat celcius,” jelasnya.

Adapun waktu antrian dan giliran mencoblos, tambahnya, diatur sesuai undangan yang diterima dan dibawa ke TPS. Waktu pencoblosan, beber Adi, dimulai dari pukul 07.00 hingga 11.00 WITA.

“Kami mengatur giliran masyarakat mencoblos sesuai dengan yang tertera dalam undangan. Hal itu kami lakukan untuk menghindari jarak duduk antar pemilih, dan guna memperlancar proses pencoblosan,” pungkasnya. 

Hingga berita ini diturunkan, proses pemungutan suara masih berlangsung. Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada KSB Tahun 2020, sebanyak 92.704 orang. Dengan rincian; Laki-laki berjumlah 45.055 orang, dan Perempuan berjumlah 47.649 orang. Para Pemilih tersebar di 8 Kecamatan, 64 Desa/Kelurahan, 291 TPS yang ada di KSB. (klar)

Don`t copy text!