fbpx
Polisi Sebar Sketsa Wajah Terduga Pelaku Percobaan Pemerkosaan Siswi SMA di Sumbawa

Polisi Sebar Sketsa Wajah Terduga Pelaku Percobaan Pemerkosaan Siswi SMA di Sumbawa

Sumbawa, KOBAR – Berdasarkan laporan dan keterangan korban, Satreskrim Polres Sumbawa akhirnya berhasil mengidentifikasi wajah terduga pelaku percobaan pemerkosaan terhadap siswi SMA di Simpang Boak, Jum’at, (06/11). Wajah pelaku kemudian dituangkan menjadi sketsa untuk kemudian disebarluaskan.

Kapolres Sumbawa, melalui Kasubbag Humas, Iptu Sumardi SSos, kepada awak media, Selasa, (10/11), membenarkan hal tersebut. Sumardi mengungkapkan, bahwa penyidik Satreskrim Polres Sumbawa telah berhasil membuat sketsa wajah pelaku percobaan pemerkosaan itu berdasarkan keterangan korban.

“Saksi melihat dan menyatakan dengan benar sketsa ini ada kemiripannya kurang lebih 70 persen dengan orang yang diuraikan ciri-cirinya,” tutur Sumardi.

Sketsa tersebut kata Sumardi, akan disebarluaskan. Bagi masyarakat yang melihat orang dengan ciri-ciri mirip dengan sketsa tersebut, ia meminta agar segera melaporkannya kepada kepolisian terdekat.

“Masyarakat kami harap pro aktif memberikan informasi kepada kami, jika menduga ada seseorang yang mirip dengan sketsa ini,” ujarnya.

Terkait kronologi kejadian, Sumardi menceritakan, bahwa percobaan pemerkosaan tersebut terjadi pada siswi salah satu SMA di Sumbawa berinisial IR (16), warga Kecamatan Sumbawa, Jum’at, (06/11/), sekitar pukul 12.15 WITA, di jalan arah Simpang Boak menuju BTN Bukit Permai, Kelurahan Seketeng, Kecamatan Sumbawa.

“Saat di jalan Unter Goal, korban berpapasan dengan seorang pria menggunakan sepeda motor merek Yamaha Mio, warna merah. Korban tidak mengetahui Nopol kendaraannya. Kurang dari 5 menit setelah korban berpapasan, pria tersebut berbalik mengejar korban, serta langsung memepet korban yang sedang mengendarai motor. Kunci motor milik korban langsung dicabut pria itu. Karena kaget, korban langsung turun dari sepeda motornya. Setelah itu, pria itu pun ikut turun dari sepeda motornya dan langsung mengatakan kepada korban, “Ayo ikut saya sebentar”,” beber Iptu Sumardi.

Setelah itu, sambung Sumardi, pelaku langsung menghampiri korban, dan serta merta memeluk pinggang korban menggunakan tangan kirinya. Sementara tangan kanan pelaku menodongkan sebilah pisau ke arah leher korban, dan langsung menarik korban ke pinggir jalan.

“Di pinggir jalan tersebut, korban langsung menjatuhkan diri ke tanah. Sambil berusaha meminta tolong dengan cara berteriak. Namun spontan pelaku menutup mulut korban menggunakan tangan kirinya, sambil pelaku berusaha menarik korban untuk bangun,” kisah Sumardi, seperti keterangan korban kepada polisi.

Karena terdesak, kata Sumardi, maka saat itu juga korban mendorong tangan kanan pelaku yang memegang pisau, dan merebut pisau yang dipegang pelaku. Kemudian korban lari ke arah sepeda motornya. 

“Pelaku itu pun mengejar korban. Sambil berlari korban mengatakan, “Jangan kayak gini, kasihan orang tua saya”. Sekonyong-konyong pelaku langsung mengembalikan kunci motor korban. Sambil memegang pisau yang direbut dari pelaku, korban menyalakan motornya. Namun saat korban akan menjalankan sepeda motornya, pelaku tiba-tiba mendorong korban hingga terjatuh. Lantas pelaku pun mengambil pisau dari tangan kanan korban, dan langsung meninggalkan korban menggunakan sepeda motornya menuju ke arah BTN Bukit Permai,” jelas Kasubbag Humas Polres Sumbawa.

Setelah peristiwa itu, tambah Sumardi, IR langsung melaporkan kejadian yang menimpanya kepada aparat kepolisian. Saat ini, kata Iptu Sumardi, kasus percobaan pemerkosaan tersebut tengah dalam penanganan Satreskrim Polres Sumbawa. (klar)

Don`t copy text!