Dalam 3 Hari, Polres Sumbawa Bekuk 2 Terduga Pelaku Tindak Pidana Narkotika

Dalam 3 Hari, Polres Sumbawa Bekuk 2 Terduga Pelaku Tindak Pidana Narkotika

“Salah Seorang Adalah Oknum PNS Sumbawa”

Sumbawa, KOBAR – Dalam 3 hari, Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sumbawa, dilaporkan berhasil meringkus 2 orang terduga pelaku tindak pidana narkotika di wilayah hukum Polres Sumbawa. Salah seorangnya, adalah oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Sumbawa, berinisial MU (40).

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra SIK, melalui Kasubag Humas, Iptu Sumardi SSos, dalam siaran persnya, Kamis, (1/10), mengungkapkan, bahwa pihaknya pada Senin, (28/9), telah mengamankan seorang pria berinisal TH (52), warga Desa Sebasang, Kecamatan Moyo Hulu. TH diamankan atas dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

“Pada hari minggu tanggal 27 September, sekitar Pukul 22.00 Wita, anggota opsnal Sat Resnarkoba mendapat informasi dari masyarakat, bahwa di rumah TH sering terjadi transaksi narkoba,” tutur Iptu Sumardi.

Atas informasi tersebut, maka dilakukan penyelidikan dan pengintaian oleh tim opsnal Resnarkoba Polres Sumbawa. Dari hasil pengintaian di sekitar rumah TH, selanjutnya, anggota opsnal langsung melakukan penyergapan, dan melakukan penggeledahan rumah TH.

“Hasilnya, ditemukan 1 poket narkotika jenis sabu, yang disimpan di dalam tas dan 1 poket ditemukan di bungkus rokok. Penggeledahan disaksikan oleh istri TH, berinisial DAP. Sementara TH tidak berada di rumah,” jelas Sumardi.

Barang Bukti Narkoba
Barang Bukti Narkotika Milik TH (52), Warga Desa Sebasang, Kecamatan Moyo Hulu.

Setelah dilakukan penyelidikan dan pengembangan, jelasnya, maka pada hari Senin, tanggal 28 September, sekitar pukul 17.00 wita, TH berhasil diamankan. Saat dilakukan pemeriksaan, TH mengakui bahwa narkotika jenis sabu, maupun barang bukti lainnya adalah miliknya.

Dalam penangkapan tersebut, diamankan barang bukti berupa 2 poket sabu seberat 0,90 gram, 1 buah kaca, 1 buah timbangan digital, 1 buah bong, 3 unit HP, Buku Tabungan, serta uang tunai Rp 4.800.000, yang diduga hasil transaksi.

Sementara itu, pada hari Rabu, (30/9), lanjut Iptu Sumardi, tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sumbawa, kembali mengamankan seorang laki-laki, berinisial MU (40), atas kepemilikan narkotika jenis sabu. MU yang diketahui berstatus sebagai PNS di salah satu kantor Pemerintah di Kabupaten Sumbawa ini. MU ditangkap di jalan lintas Sumbawa-Boak, Kelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa, sekitar pukul 17.00 WITA.

“Sekitar pukul 16.30 Wita anggota opsnal Sat Resnarkoba mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada seorang pria yang mengendarai SPM Spin menuju ke arah Moyo Hulu. Yang bersangkutan dicurigai membawa narkotika jenis sabu,” ungkapnya.

PNS Terjerat Narkoba
MU (40), Oknum PNS Sumbawa, bersama Barang Bukti Narkotika Jenis Sabu.

Berdasarkan informasi tersebut, lanjut Sumardi, maka dilakukan penyelidikan. Sekitar pukul 17.00 WITA, Tim Opsnal Sat Resnarkoba Sumbawa, dipimpin oleh KBO Sat Resnarkoba Polres Sumbawa, Ipda Degues Pandhu Pandhadha, melakukan pengintaian di depan PLTD Boak. Tidak lama kemudian, orang dengan ciri-ciri dimaksud melintas di TKP.

“Anggota opsnal langsung melakukan pencegatan. Dilakukan penggeledahan badan dan kendaraan. Maka ditemukan 1 poket sabu disimpan di sandal jepit. Terduga mengakui barang tersebut. Selanjutnya yang bersangkutan dan barang bukti dibawa ke Polres Sumbawa untuk dimintai keterangan, guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” beber Kasubag Humas.

Bersama MU, tambahnya, diamankan barang bukti berupa 1 poket sabu seberat 0,70 gram, sepasang sandal jepit, dan sebuah sepeda motor Spin. Terduga pelaku bersama barang bukti diamankan di Mapolres Sumbawa, guna proses penyidikan lebih lanjut. (klar)

Don`t copy text!