fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Jokowi

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Jaga Cadangan Pangan

Jakarta, KOBAR – Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh Kepala Daerah di Indonesia untuk menjaga ketersediaan cadangan pangan di daerah masing-masing, menyusul peringatan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), melalui FAO, terkait ancaman krisis pangan dunia akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

“Penyediaan cadangan pangan nasional adalah agenda strategis yang harus dilakukan, dalam rangka mengantisipasi kondisi krisis pangan akibat pandemi Covid-19, yang sudah berkali-kali diingatkan oleh FAO terkait krisis pangan dunia,” kata Jokowi, melalui konferensi video, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, (23/9).

Disamping pandemi, kata Presiden, hal itu juga mesti dilakukan, untuk mengantisipasi perubahan iklim, serta mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor pangan dari luar negeri.

“Ini perlu, untuk mengantisipasi perubahan iklim, serta juga tidak kalah pentingnya adalah mengurangi ketergantungan kita pada impor pangan. Ini penting!,” tegas Jokowi.

Pemerintah, jelas Presiden, telah menyiapkan sementara ini 2 lokasi untuk Food Estate, yaitu, di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Untuk Kalimantan Tengah, jelasnya,  ada di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau. Sedangkan Sumatera Utara, di Kabupaten Humbang Hasundutan. 

“Ini yang ingin kita prioritaskan terlebih dahulu, meskipun juga ada rencana akan kita lanjutkan setelah ini untuk di provinsi yang lain. Yaitu, di Papua, maupun di NTT dan di Sumatera Selatan. Tetapi baru akan kita garap, setelah yang 2 itu betul-betul sudah bisa berjalan,” tutup Presiden Joko Widodo. (knda)

Don`t copy text!