fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Surat Suara Pilkada KSB

Pilkada KSB 2020, Firin-Fud Vs KoKo

Taliwang, KOBAR – Setelah Kemarin, Rabu, (23/9), KPU KSB resmi menetapkan Pasangan Petahana (Firin-Fud) sebagai Paslon Tunggal di Pilkada KSB, atau yang berarti juga sebagai Paslon Tunggal satu-satunya di Provinsi NTB. Maka hari ini, Kamis, (24/9), KPU kembali resmi menetapkan HW Musyafirin dan Fud Syaifuddin, berada di sebelah kanan pada kolom surat suara yang akan dicoblos pemilih, melawan kolom kosong (KoKo) pada sebelah kiri tangan pemilih, di Pilkada Serentak, 9 Desember 2020.

“Ini adalah sejarah baru bagi KSB. Satu-satunya Kabupaten/Kota di NTB yang melaksanakan Pilkada Serentak dengan satu pasangan calon. Tentunya, ini menjadi tantangan bagi kami, dan kami dituntut untuk menyiapkan strategi baru untuk mengajak masyarakat berbondong-bondong menuju bilik suara 9 Desember nanti,” kata Denny Saputra SPd, Ketua KPU KSB, kepada awak media, Kamis, (24/9).

Bagaimana tidak!, sambungnya, sebab selama ini masyarakat telah terbiasa dengan banyak pasangan calon, tiba-tiba pada Pilkada tahun 2020 ini hanya ada satu pasangan calon saja. Mau tidak mau, maka di surat suara Pilkada KSB 2020, hanya akan ada satu gambar pasangan calon saja.

“Karena hanya ada satu pasangan calon, maka di surat suara akan ada 2 kolom, yaitu kolom bergambar paslon dan sebuah kolom kosong. Setelah diundi, hari ini kami tetapkan, kolom kosong berada di posisi sebelah kanan surat suara, atau sebelah kiri tangan pemilih saat mencoblos. Sedangkan gambar paslon berada di posisi sebelah kiri surat suara, atau tangan kanan pemilih,” tutur Denny.

Untuk proses kampanye dan sosialisasi pelaksanaan Pilkada kepada masyarakat, lanjut Denny, pihaknya berharap dukungan dari Pemerintah Daerah, Partai Politik, dan Bawaslu terkait hal itu. Apalagi, katanya, Pilkada tahun ini digelar dalam situasi pandemi Covid-19.

“Masyarakat mesti dicerahkan dalam proses demokrasi ini, apalagi Paslon Tunggal di KSB ini baru kejadian. Protokol kesehatan juga harus mesti kita patuhi. Kami di KPU selalu menerapkan protokol kesehatan pada semua tahapan, demikian juga yang lain,” demikian Ketua KPU KSB. (kdon) 

Don`t copy text!