Tarian Adat Sumbawa Barat Meriahkan Upacara HUT RI Ke-75 di Istana Merdeka

Tarian Adat Sumbawa Barat Meriahkan Upacara HUT RI Ke-75 di Istana Merdeka

Taliwang, KOBAR – Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, upacara dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-75, di Istana Merdeka, Jakarta, tahun ini dilaksanakan secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, acara berlangsung khidmat dan tetap menampilkan keberagaman adat dan budaya Indonesia.

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, di Istana Merdeka, Senin, (17/8).

Pada perayaan kali ini, salah satu tarian adat dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yaitu, Tari Benteng Barinas dan Tari Kolong, karya Sanggar Seni Sareng Nyer Taliwang, memeriahkan upacara tahun ini. Tarian ini disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden RI, melalui live streaming, dan oleh Televisi Nasional secara serempak, jelang upacara penurunan bendera merah putih, Senin, (17/8).

Tarian Benteng Barinas menceritakan perjuangan rakyat Taliwang di masa pendudukan Belanda. Adalah Undru yang bernama lengkap La Sinrang Dea Mas Manurung menjadi pemimpin saat itu. Undru asli Sumbawa, tapi keturunan Makassar. Manurung dipanggil Undru.

Tari Benteng Barinas

Di tarian itu dikisahkan, ada sepasukan perempuan yang membantu Undru dan dipimpin oleh istrinya. Pasukan ini membantu Undru dalam suplai makanan dan lain-lain. Mereka juga dibekali dengan ilmu bela diri. Tarian ini dilakukan secara apik di dalam lumpur oleh ratusan wanita Sumbawa Barat.

“Alhamdulillah bisa kembali memperkenalkan Kabupaten Sumbawa Barat tercinta di kancah nasional. Bisa tampil di Penurunan Bendera HUT RI Ke-75. Tarian Benteng Barinas dan Kolong, karya ibu Surdianah dan Aji Jaya, telah membuat kami bangga jadi Warga KSB,” ungkapan hati Azizah, salah seorang penari tarian lumpur itu, di akun media sosialnya.

Tari Kolong

Sementara itu, Surdianah SPd, koreografer tari, di akun media sosialnya juga mengaku bangga dan terharu, bahwa salah satu karya seni anak Sumbawa Barat bisa ditampilkan di event penting nasional. Dia berterima kasih kepada semua pihak yang telah membuat hal itu terwujud.

“Terima kasih pada bpk Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat. Akhirnya Tari Kolong dan Benteng Barinas tampil secara virtual, dan disaksikan ribuan, bahkan jutaan warga negara Indonesia. Makasi anak-anak sanggar sareng nyer dan lepas,” kata Surdianah. (klar)

Don`t copy text!