Taman Makam Pahlawan Belum Terwujud

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 3 Okt 2018

Taman Makam Pahlawan Belum Terwujud


Taman Makam Pahlawan Belum Terwujud Perbesar

Taliwang, KOBAR – Wacana untuk mengadakan sebuah lahan khusus untuk pemakaman para pahlawan asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah lama bergulir. Namun hingga menjelang 15 tahun usia KSB, impian itu belum juga terwujud. Padahal sering kali kita dengar, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya.

“Saya heran dan sering bertanya, kenapa di KSB ini tidak disiapkan pemakaman khusus untuk pahlawan. Terutama untuk orang-orang yang dulu pernah berjuang melawan penjajah. Karena kalau tidak ada makam khusus, jejak sejarah para pejuang itu akan lenyap begitu saja,” keluh M Saleh, Warga Desa Seran, Kecamatan Seteluk, kepada awak media ini, kemarin.

Menurut pria yang kini telah berusia 70 tahun itu, saat sekarang ini, sulit sekali bagi anak muda untuk mengetahui dan menelusuri tentang orang-orang yang telah berjuang untuk negara mereka di masa perjuangan kemerdekaan dahulu. Sebab ketika orang tua seperti dirinya wafat, maka kisah tentang mereka akan ikut terkubur.

“Jika generasi seumur saya meninggal dunia, maka akan sulit bagi generasi selanjutnya untuk mengetahui jejak para pejuang tersebut. Karena hanya orang-orang seusia saya saja yang masih mampu mengingat cerita dan kenangan di jaman perjuangan itu,” tambah Saleh.

Menyimak pernyataan salah seorang warga itu, yang juga menjadi saksi sejarah tersebut, maka perlu adanya tindakan dan perhatian serius dari Pemkab Sumbawa Barat untuk segera melakukan penelusuran rekam jejak perjuangan para pejuang dalam melawan penjajah di tanah pariri lema bariri ini, agar segera dapat diusulkan dan dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. Serta segera dipersiapkan sebuah lahan khusus untuk dijadikan Taman Makam Pahlawan (TMP).

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) setempat, melalui Kepala Bidang Pemakaman dan Pahlawan, Nurdin SPt, mengungkapkan, bahwa lahan untuk pemakaman pahlawan di KSB ini telah diusulkan pihaknya kepada Pemerintah Pusat, namun hingga saat ini, hal itu belum dijawab dan ditanggapi.

“Kami telah melayangkan surat dan proposal tentang rencana pengadaan lahan untuk taman makam pahlawan kepada pemerintah pusat, namun hingga hari ini, permohonan kami belum direspon,” ungkap Nurdin.

Tidak hanya mengusulkan Taman Makam Pahlawan kepada Pemerintah Pusat, pihaknya juga, menurut Nurdin, telah berkoordinasi dengan pihak TNI, guna mencari dan menentukan posisi dan kondisi lahan yang cocok untuk dijadikan sebagai TMP.

“Kami telah mendatangi pihak TNI untuk berkoordinasi terkait lahan mana yang cocok untuk dijadikan TMP. Adapun mengenai jumlah pejuang kemerdekaan yang ada di KSB, dari hasil penelusuran kami, berdasarkan rekam jejak dan tanda kehormatan, ada 5 orang pejuang yang dapat dibuktikan rekam jejaknya sebagai pejuang,” tutup Nurdin. (kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 50
    Progress Report Bakal Moment DeklarasiTaliwang, KOBAR - Momentum progress report bakal kembali dimanfaatkan oleh kandidat calon Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk mendeglarasikan diri. Kesempatan progress report tahun sebelumnya pernah dimanfaatkan wakil Bupati KSB, Drs H Mala Rahman untuk menyampaikan kesiapan berlaga pada pesta demokrasi yang akan dihelat pada tahun 2015 mendatang. Indikasi pemanfaatan momentum…
  • 50
    Piala Adipura Masih Jauh“Bupati Targetkan Adipura Tahun 2020” Taliwang, KOBAR - Hingga menjelang usianya yang ke 15 tahun, Piala Adipura yang 4 tahun silam pernah diidamkan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) belum juga terwujud. Pada tahun 2017, Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, kembali menggaungkan hal itu. Dan Bupati telah memasang…
  • 49
    Rp 18 Miliar Siap Dikucurkan Untuk Pembebasan Lahan Milik DaerahTaliwang, KOBAR - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2016 ini telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 18 Miliar untuk membebaskan lahan yang diatasnya akan berdiri bangunan milik daerah. Kepala Bagian Pemerintahan pada Kantor Sekretariat Daerah (Setda) setempat, M Endang Arianto SSos, membenarkan hal tersebut. Ia…
  • 49
    Bantuan Pemda akan DilacakTaliwang, KOBAR - Bantuan yang pernah diberikan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sejak tahun 2005-2014 kepada masyarakat akan dilakukan identifikasi dan pelacakan keberadaannya untuk bisa memastikan manfaat setelah berada di tangan masyarakat itu sendiri. Bupati KSB, Dr KH Zulkifli Muhadli, SH, MM dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dengan menghadirkan seluruh pimpinan…
  • 49
    Aset Daerah Yang Mangkrak Disorot DewanTaliwang, KOBAR - Sejumlah aset daerah yang masih mangkrak dan belum dimanfaatkan, menjadi perhatian serius para wakil rakyat di Bertong. Kinerja Pemerintah dipertanyakan, karena hingga saat ini, sejumlah rekomendasi mereka terkait sejumlah aset potensial yang dimiliki daerah tak kunjung bergeliat dan menjadi pundi bagi daerah. “DPRD melalui komisi teknis, dalam hal…
  • 49
    PETI Seluruh KSB Segera DitertibkanTaliwang, KOBAR - Maraknya Penambangan Tanpa Izin (PETI) kurun waktu terakhir ini, membuat Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kelabakan dan dipaksa untuk putar otak. Maklum dampak lingkungan yang ditimbulkan PETI sangat meresahkan dan berimbas panjang. Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, belum lama ini, menyampaikan, bahwa dirinya baru…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars

19 Juli 2024 - 16:57

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars - Beasiswa AMMAN Scholars 2024

Alarm Darurat Pendidikan: 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB

8 Juli 2024 - 19:29

Alarm Darurat Pendidikan 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB - Siswi Sekolah Dasar (SD)

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!