Semua Pasien Positif Covid-19 di KSB Dipulangkan Dari Tempat Karantina

Semua Pasien Positif Covid-19 di KSB Dipulangkan Dari Tempat Karantina

“Rusunawa Balisung Telah Kosong Penghuni”

Taliwang, KOBAR – Orang yang positif Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan banyak yang telah sembuh. Satu persatu pasien positif Covid-19 yang selama ini menghuni Instalasi Isolasi Khusus RSUD Asy-Syifa’ di Rusunawa Balisung, Taliwang, telah dipulangkan ke rumahnya masing-masing oleh Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 KSB.

Terakhir, Minggu, (9/8), Nihlah (7 tahun), Penduduk Desa Beru, Kecamatan Brang Rea, yang telah dirawat di Rusunawa, dan merupakan pasien yang paling lama menjalani isolasi. Selama menjalani isolasi, ayahanda Nihlah dengan sabar dan setia menemani anaknya yang sedang dirawat.

Nihlah dan Ayahnya, beserta Tenaga Medis RSUD Asy-Syifa’ KSB, Minggu, (9/8).

Nihlah dipulangkan dari tempat karantina, dilepas Satgas Covid-19, dan dijemput oleh warga masyarakat Brang Rea, diiringi dengan gong genang (alat musik Sumbawa), hingga kampung halaman. Sehingga per hari ini, tidak ada orang positif Covid-19 yang menghuni tempat karantina. 

“Hari ini kita melepas seorang lagi dari Kecamatan Brang Rea. Yang bersangkutan dijemput secara meriah oleh keluarganya dan masyarakat Brang Rea. Ini pertanda bahwa masyarakat kita bisa menerima dengan baik orang yang telah sembuh dari Covid-19,” kata Abdul Azis SH MH, Ketua Satgas Covid-19 KSB, yang juga Sekda KSB.

Nihlah dijemput dan diiringi pulang dengan gong genang.

Abdul Azis berpesan, agar bagi siapa pun yang telah sembuh dari Covid-19 untuk tetap menjaga kesehatan, disiplin menggunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, rajin cuci tangan dengan sabun, dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Suasana pemulangan pasien hari ini agak berbeda dari biasanya. Karena saat ini anakda Nihlah adalah pasien terakhir yang ada di Instalasi Isolasi Khusus Covid-19 KSB. Disamping itu antusiasme masyarakat Desa Beru yang menjemput pasien sangat luar biasa,” tutur Abdul Azis.

Sekda KSB saat melepas kepulangan Nihlah dari tempat karantina, Minggu, (9/8).

Sebelumnya, lanjut Abdul Azis, Satgas telah memulangkan 2 orang tenaga kesehatan RSUD Asy-Syifa’ yang positif Covid-19, serta pasien yang berasal dari kecamatan Maluk dan Seteluk. Hingga saat ini jumlah kasus positif Covid-19 yang telah sembuh sebanyak 22 orang. Sementara jumlah kasus positif Covid-19 yang masih dalam perawatan tersisa 1 kasus dan kini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Asy-Syifa’.

“Patuh dan disiplin menjalankan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19 adalah kunci memutus mata rantai penularan. Mari kita tingkatkan kepatuhan dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, sehingga KSB segera bebas dari pandemi Covid-19,” pungkas Sekda KSB. (klar)

Don`t copy text!