fbpx
Tidak Semua Pasien Positif Covid-19 Dirawat di Rumah Sakit

Tidak Semua Pasien Positif Covid-19 Dirawat di Rumah Sakit

dr Carlof: Tergantung Klasifikasi Gejala yang Dialami

Taliwang, KOBAR – Hingga saat ini, sebagian besar masyarakat masih belum paham terkait dengan klasifikasi pasien positif covid-19. Dan masih banyak yang tidak tahu bahwa tidak setiap pasien positif covid-19 mesti dirawat di rumah sakit.

Ditemui media ini, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’, dr Carlof Sitompul, menjelaskan, bahwa pasien positif covid-19 dapat  diklasifikasikan menjadi beberapa gejala. Seperti, tanpa gejala, gejala ringan, gejala sedang, dan gejala berat. 

“Penentuan dari status pasien Covid-19 itu berada dimana, diputuskan setelah selesai dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter penanggung jawab pasien,” jelas Carlof. 

Foto dr Carlof Dirut RSUD Asy syifa
dr. Carlof Sitompul

Sambung Carlof, protokol pada pasien positif covid-19 yang tanpa gejala, dan gejala ringan, tatalaksananya adalah isolasi di rumah. Pemantauan dan pemeriksaan kesehatan langsung dari tenaga kesehatan, dan farmakologis (obat-obatan dari dokter), serta non farmakologis.

“Sedangkan pada pasien positif covid-19 dengan gejala sedang dan berat, baru akan dirawat di Rumah Sakit untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai,” tuturnya. 

Sementara itu, imbuh Carlof, bagi pasien positif covid-19 yang tidak mempunyai keluhan apa-apa, atau hanya batuk pilek ringan, maka tidak perlu dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit. 

“Cukup isolasi diri di rumah saja, kemudian minum obat yang telah diberikan dokter. Tentunya akan dipantau kesehatannya oleh petugas medis, serta akan dicek lagi pada waktunya, apakah sudah sembuh atau belum,” paparnya. 

Kalau dalam pemantauan ternyata kondisinya memburuk, lanjut Carlof, dokter pasti akan meminta untuk dirawat inap di Rumah Sakit. Dan apabila pasien sembuh tanpa keluhan apa-apa, bahkan sampai kuat melakukan puasa, pasien tersebut isolasinya tetap di rumah saja.

“Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah menyediakan rumah isolasi khusus penanganan covid-19. Yaitu, di rusunawa yang berlokasi di Balisung, Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang,” demikian dr Carlof Sitompul. (kras) 

Don`t copy text!