23/10/2020

PORTAL BERITA KOBAR

www.kobarksb.com

Abdul Azis, SH, MH.

Berhasil Tangani Pandemi Covid-19, KSB Dapat Bonus Dari Kemenkeu Rp 13,4 M

Taliwang, KOBAR – Setelah sekian lama bergelut dengan penanganan pandemi covid-19, kerja keras Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berbuah hasil. Pemerintah Pusat menilai bahwa KSB adalah salah satu Kabupaten yang sukses menangani pandemi covid-19. Untuk itu, melalui Kementerian Keuangan RI, KSB mendapat Dana Insentif Daerah (DID) tambahan sebesar Rp 13,4 Miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) KSB, Abdul Azis SH MH, kepada media ini, menjelaskan, bahwa dana itu diberikan sebagai upaya untuk mendukung daerah dalam pencegahan dan penanganan pandemi covid-19, sekaligus untuk percepatan pemulihan ekonomi daerah.

“DID tambahan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah yang dinilai memiliki kinerja baik dalam penanganan dampak Covid-19 di daerahnya. Alhamdulillah, kita terpilih menjadi kabupaten terbaik dalam penanganan covid-19,” beber Abdul Azis.

Keberhasilan ini, jelas Sekda, berkat adanya komitmen dan kerjasama yang baik antara Para Pimpinan Daerah, terutama tim kesehatan, para dokter dan gugus tugas, selaku garda terdepan dalam pencegahan penyebaran pandemi covid-19.

“Hadiah berupa DID tambahan ini, diharapkan menjadi stimulus bagi daerah untuk penanganan covid-19 yang lebih komprehensif. Termasuk untuk kesehatan dan pemulihan ekonomi,” tutur Sekda, yang juga Ketua Gugus Tugas penanganan pandemi covid-19.

Terkait penggunaan DID tambahan, tambah Sekda, pihaknya sudah diberi panduan, melalui Peraturan Menteri Keuangan RI, nomor 87 Tahun 2020, tentang Pengelolaan DID Tambahan TA 2020. Dan rincian alokasi DID tambahan untuk masing-masing daerah telah ditetapkan.

“Sudah jelas di PMK 87/2020, bahwa penggunaan DID tambahan memang difokuskan untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah. Intinya, arahnya memang untuk pemulihan ekonomi daerah. Karena yang terdampak covid-19 adalah perekonomian masyarakat bawah, utamanya UMKM dan industri kecil,” demikian Abdul Azis SH MH. (klar)

Baca Juga :  MP-TPTGR Siap Gelar Persidangan

KOMENTAR

Komentar

Don`t copy text!