Plt Sekda KSB Jadi Sekda

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 26 Agu 2016

Plt Sekda KSB Jadi Sekda


Plt Sekda KSB Jadi Sekda Perbesar

Bupati: Setahun Sebagai Plt Bisa Jadi Bekal

Taliwang, KOBAR – Abdul Azis SH MH, yang diprediksi banyak kalangan bakal unggul pada seleksi pimpinan tinggi pratama atas posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), akhirnya terbukti. Rabu, (24/8) kemarin, sosok yang sebelumnya dipercayakan menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekda ini, secara resmi dilantik Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, sebagai Sekda definitif, berdasarkan SK Bupati Nomor 56/821/BKDIKLAT/2016, tentang Pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat.

Seluruh prosesi pelantikan ini, dipusatkan di aula gedung graha fitrah, Kompleks KTC, mulai dari pengambilan sumpah hingga penandatanganan berita acara pelantikan.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan selamat kepada Sekda yang baru dilantik, dengan harapan bisa amanah dan tidak menyiakan-nyiakan kepercayaan yang telah diberikan.

“Jabatan Sekda merupakan jabatan strategis dalam jenjang birokrasi, karena dituntut mampu berperan sebagai katalisator, dinamisator dan motivator dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,” kata Bupati.

Selain itu tambah Bupati, Sekda mempunyai kewajiban membantu bupati dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sumbawa Barat.

“Saya yakin dan percaya, Pak Abdul Azis mampu melaksanakan semua itu, berdasarkan pengalaman, pendidikan dan kepemimpinan yang telah ditunjukkan selama menjadi Plt Sekda setahun terakhir,” imbuhnya.

Dalam arahannya Bupati juga menyatakan, kedudukan Sekda merupakan jabatan tertinggi di ASN, Dia memiliki peranan sangat penting dan strategis dalam rangka kelancaran penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan dan sosial masyarakat. Karenanya, berhasil tidaknya tugasnya, sangat bergantung pada kepiawaian manejerial dan seni Sekda menata, mengelola serta memberdayakan perangkat organisasi sehingga semuanya berfungsi optimal.

Untuk itu, Bupati meminta Sekda terpilih agar segera melakukan koordinasi dan evaluasi terhadap tugas-tugas perangkat daerah, serta melakukan identifikasi  terhadap gejala permasalahan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan kewenangan pemerintah daerah yang menyangkut urusan wajib maupun pilihan.

Tiga point penting juga ditekankan, yakni, meningkatkan disiplin aparatur melalui reward dan panisment sesuai ketentuan, menjaga serta meningkatkan tata pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel dan profesional sesuai visi misi pemerintah, dan melakukan terobosan kreatif dan inovatif untuk tumbuh kembangnya perekonomian daerah serta terpeliharanya harmonisasi di masyarakat dengan memberdayakan seluruh tugas dan kewenangan di masing-masing SKPD.

“Perlu disadari, tuntutan masyarakat terhadap kinerja birokrasi semakin tinggi, rakyat semakin cerdas memahami hak-haknya, ini bentuk keberhasilan pembangunan yang patut disyukuri sekaligus tantangan guna menguatkan komitmen keberpihakan pada kepentingan rakyat,” paparnya.

Menurutnya, Sekda sebagai ‘Panglima’ ASN harus pula mampu membimbing seluruh pegawai untuk bekerja mengikuti ritme kepala daerah agar bekerja lebih bagus lagi, termasuk juga berkomunikasi dengan forum Muspida.

“Saya yakin Pak Azis mampu untuk itu, dan saya pesankan pada seluruh pejabat eselon II, III, IV dan seluruh staf untuk mendukung sepenuhnya kinerja Sekda Abdul Azis,” Kata Bupati.

Sementara terpisah, Sekda Abdul Azis menyatakan siap melaksanakan amanah yang diberikan itu secara professional. Ia akan mengubah cara berpikir seluruh ASN di lingkup Pemkab setempat agar semakin inovatif, dan mengedepankan disiplin kerja serta mengembangkan profesionalisme aparatur.

Menurutnya, suksesnya gerakan reformasi ASN ini, tidak hanya bergantung pada perannya seorang, namun membutuhkan kerjasama semua aparatur tanpa terkecuali. Demikian juga dengan target perbaikan kinerja, menjadi tugas bersama seluruh ASN  hingga nantinya terjadi perubahan gaya ASN dari yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa.

“Luar biasa jika mendapatkan jempol dari masyarakat. Luar biasa jika menggugah kepuasan masyarakat. Luar biasa jika tidak lagi menuai kritik masyarakat. Ini tugas kita semua selaku aparatur, karena demikianlah tugas pokok dan fungsi kita,” tegasnya.

Saat disinggung mengenai langkah awal yang akan dilakukan pasca dilantik, pejabat senior yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Asisten I ini juga akan melakukan konsolidasi internal, kemudian fokus pada pengawasan ASN yang akan dilakukan secara berjenjang.

“Ini akan saya lakukan mulai dari staf, kepada pejabat di bawah, sampai kembali ke Sekda, sebagai pertanggungjawabkan kepada Bupati. Selain juga  melaksanakan dan menjalankan visi misi Bupati dan Wakil Bupati  yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” pungkasnya. (ktas)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 66
    Pelantikan Sekda KSB DiundurTaliwang, KOBAR - Surat Keputusan (SK) terkait penetapan Sekda definitif Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), sayup-sayup dikabarkan telah ditanda tangani Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM. Sekda yang masih dirahasiakan namanya itu bahkan direncanakan akan dilantik beberapa hari kedepan. Kendati sempat dihembuskan bahwa pelantikan Sekda akan dilakukan sekitar tanggal 18-20 Agustus.…
  • 60
    385 ASN KSB Diambil Alih Pemprov NTBTaliwang, KOBAR - Sebanyak 385 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dipastikan diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui proses pengalihan Personil Prasarana Pembiayaan dan Dokumentasi (P3D). Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa Barat, Abdul Azis SH MH, mengatakan, pemindahan tersebut sesuai amanat Undang-undang Nomor…
  • 60
    KSB Mulai ABGJika diibaratkan usia manusia, maka usia Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hari ini, sama dengan usia Anak Baru Gede (ABG). Di usia yang ke-15, seorang anak pada fase ini sedang berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan status dewasa. Aneka cara dilakukan untuk bisa mendapatkan pengakuan sebagai manusia yang pantas dipercaya dan bisa…
  • 57
    Bupati Telah Kantongi Nama Calon Sekda KSBFirin: Saya Tidak Suka Diintervensi, Tunggu Saja Tanggal Mainnya Taliwang, KOBAR - Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengakui telah mengantongi tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) untuk ditetapkan menjadi satu yang terbaik. Tiga nama tersebut adalah kandidat dengan rangking teratas hasil seleksi Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Tinggi…
  • 56
    Teka-teki Bakal Sekda KSB TerkuakTeka-teki siapa yang akan menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai terjawab. Pasalnya, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM mengakui telah mengantongi tiga nama calon Sekda untuk ditetapkan menjadi satu yang terbaik. Tiga nama tersebut adalah kandidat dengan rangking teratas hasil seleksi yang dilakukan…
  • 52
    Mendagri Batalkan 4 Perda, Gubernur Batalkan 4 Perda“Bupati Akan Limpahkan Ke DPRD KSB Untuk Dicabut” Taliwang, KOBAR - 4 Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dilaporkan telah dibatalkan Pemerintah Pusat. Kepastian 4 perda yang dibatalkan itu diketahui setelah media ini menerima rilis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 4 Perda yang dibatalkan itu termasuk diantara 3.143 Perda yang…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman

30 Juli 2023 - 22:03

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman - Jamaah Haji Sumbawa - Bandara Internasional Lombok - Embarkasi Lombok

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana

9 Juli 2023 - 20:07

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana - Lowongan Kerja Terbaru PT Adaro Energy Indonesia
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!