Madu Hutan Mataiyang Siap Tembus Pasar Nasional

Menu

Mode Gelap

ADVERTORIAL · 4 Okt 2019

Madu Hutan Mataiyang Siap Tembus Pasar Nasional


Madu Hutan Mataiyang Siap Tembus Pasar Nasional Perbesar

“Desa Mataiyang Jadi Pilot Inkubasi Inovasi Desa”

Brang Ene, KOBAR – Siapa yang tak kenal madu Sumbawa. Madu hutan berkualitas tinggi ini sangat digemari, karena khasiatnya yang sudah kesohor. Berdasarkan jenisnya, setidaknya ada dua asal madu Sumbawa, yakni, madu hutan dan madu budidaya. Desa Mataiyang, Kecamatan Brang Ene, adalah Desa penghasil madu hutan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang terkenal sejak dahulu kala. Sayangnya, potensi yang dimiliki desa ini belum mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat.

Berangkat dari itu, Kementerian Desa PDTT RI memilih Desa Mataiyang sebagai Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) di KSB. Sebagai tahap awal, Tim PIID-PEL Kementerian Desa PDTT RI, yang terdiri dari Lembaga Riset Pemberdayaan dan Pengabdian pada Masyarakat (LRP2M) Universitas Cordova, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) KSB, serta Tim Penggerak Kegiatan Kemitraan (TPKK), menggelar pelatihan terhadap para petani madu hutan di Desa Mataiyang, baru-baru ini.

Hadir dalam acara pelatihan tersebut, Khairul, selaku Kepala Desa Mataiyang. Sahabuddin, salah satu anggota Jaringan Madu Hutan Sumbawa (JMHS), yang sekaligus sebagai pemateri pelatihan. Trisman ST MP, Ketua Pokja, sekaligus Kepala Bagian Pengembangan Ekonomi dan TTG DPMPD KSB. Serta puluhan masyarakat petani madu hutan Desa Mataiyang.

Sahabuddin, sang pemateri, didatangkan secara khusus untuk berbagi ilmu dan pengalamannya, berkaitan dengan pengelolaan usaha madu hutan. Ia sudah lama malang melintang dalam usaha produksi madu hutan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Saat ini, diperlukan model pemberdayaan masyarakat sekitar hutan, yang tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi dan mempertahankan ekologi, tetapi juga menciptakan kegiatan yang menjadi sumber pengetahuan dan pusat pembelajaran,” kata Sahabuddin, ketika memulai sesi materi.

Tak hanya itu, sambung Sahabuddin, pelatihan kepada petani madu Desa Mataiyang bertujuan, agar para petani madu mendapat kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan produk madu hutan yang ada. Dengan maksud untuk menjaga keberlanjutan lebah dan menjaga kualitas madu hutan Desa Mataiyang, sesuai dengan harapan masyarakat KSB dan konsumen lainnya.

“Mari kita tingkatkan keterampilan kita dalam mengelola madu dengan cara-cara yang baik, dengan kemasan yang baik pula. Agar madu yang dihasilkan dapat kita pasarkan di pasar modern, pasar nasional hingga internasional,” harap Sahabuddin.

Dalam menjaga kualitas madu, Sahabuddin berpesan, agar para petani madu mataiyang, bisa tetap menjaga keaslian madu yang dipanen, sesuai standar mutu yang berlaku. Dengan cara, memenuhi kaidah yang benar dalam proses memanen madu hutan.

Sementara itu, M Nur Syaraf, salah seorang petani madu asal Desa Mataiyang, berterima kasih kepada tim Inkubasi yang telah memberikan pelatihan kepada mereka. Ia berharap, agar pelatihan yang diberikan, tidak hanya sekali ini saja, melainkan diberikan pemahaman dan pelatihan secara rutin sampai para petani benar-benar paham cara mengelola madu hutan dengan baik dan benar.

“Terima kasih Bapak-Ibu dari Kabupaten. Dengan pelatihan ini kami dapat banyak pelajaran terkait cara menjaga dan mengelola madu hutan, yang selama ini tidak kami ketahui. Namun, mohon agar pelatihan seperti ini tidak sekali ini saja. Kami ingin terus dibimbing dan didampingi,” tukas M Nur. (adv/kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 74
    Desa Mataiyang Siap Jadi Penghasil Madu Hutan Terbaik“Para Petani Madu Studi Banding Ke Desa Batudulang” Brang Ene, KOBAR - Semenjak Kementerian Desa PDTT RI memilih Desa Mataiyang sebagai Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL), di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Pemerintah Desa Mataiyang bersama Tim PIID-PEL, terus bergerak untuk mewujudkan Desa Mataiyang sebagai penghasil madu hutan…
  • 38
    PTSAL Beroperasi Tanpa Permisi“Ratusan Hektar Areal Hutan Digarap” Brang Ene, KOBAR - Aktifitas penanaman dan pengembangan tanaman jabon dan sengon, serta pengembangan sapi, yang dilakukan PT Segarang Alam Lestari (PTSAL) di Lang Lepok, Desa Mujahiddin, Kecamatan Brang Ene, diprotes warga. Pasalnya, perusahaan tersebut dianggap tak pernah melaporkan rencana kehadirannya kepada Pemerintah Desa setempat. “Mereka…
  • 38
    Madu Sumbawa Jadi Primadona di Malaysia dan SingapuraSumbawa, KOBAR - Sebanyak 240 Kg madu hutan Sumbawa kembali diekspor ke Singapura dan Malaysia awal tahun 2021. Madu hutan ini adalah produksi kelompok Madu Lestari, salah satu mitra binaan PT PLN (Persero) yang berada di Desa Semongkat, Kecamatan Batu Lanteh, Sumbawa.  Hampir setiap tahun, madu hutan Sumbawa ini diekspor…
  • 34
    Proyek PTSAL DiprotesAktivitas PT Segarang Alam Lestari (PTSAL) di Lang Lepok, Desa Mujahidin, Kecamatan Brang Ene, diprotes warga setempat. Pasalnya, perusahaan tersebut dianggap tidak pernah melaporkan rencana kehadirannya kepada Pemerintah setempat. PTSAL dituding telah beroperasi tanpa permisi, seperti disampaikan Agus Salim, Sekretaris Desa, Desa Mujahiddin, kepada awak media ini. Menurutnya, meski semua…
  • 33
    Warga Hijrah Gamang Soal Bendungan Tiu SuntukBrang Ene, KOBAR - Selepas Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengunjungi lokasi rencana pembangunan Bendungan Tiu Suntuk di Dusun Hijrah, Desa Mujahidin, Kecamatan Brang Ene, didampingi Kapolres Sumbawa Barat, Dandim 1628, beserta anggota satuan Polisi Pamong Praja, hadir juga Camat Brang Ene beserta Kepala Desa Mujahidin,…
  • 32
    Duh, Masih Ada Sekolah “Laskar Pelangi” Di Sumbawa BaratBrang Ene – Meski menjadi daerah dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah di atas seratus persen setiap tahunnya, dengan APBD Rp 630 milyar lebih pada tahun 2011 lalu. Namun, ternyata masih terdapat perumahan guru yang tidak layak huni di daerah ini. Di salah satu desa yang hanya berjarak belasan kilometer dari…
Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Bupati Sumbawa Barat Gelar Safari Ramadhan Tanpa Buka Puasa Bersama

25 Maret 2023 - 21:59

Bupati Sumbawa Barat Gelar Safari Ramadhan Tanpa Buka Puasa Bersama - Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Bupati Sumbawa Barat Dinilai Sukses Kelola Zakat, Infaq, dan Sedekah

22 Maret 2023 - 15:40

Bupati Sumbawa Barat Dinilai Sukses Kelola Zakat, Infaq, dan Sedekah - Baznas Award 2023

PNS KSB Bertambah 175 Orang, Bupati Ajak Hidup Sederhana

3 Maret 2023 - 09:43

PNS KSB Bertambah 175 Orang, Bupati Ajak Hidup Sederhana - Amar Nurmansyah - Sekda KSB

Bupati Sumbawa Barat Serahkan Bonus Bagi Peraih Medali Porprov XI NTB 2023

1 Maret 2023 - 13:41

Bupati Sumbawa Barat Serahkan Bonus Bagi Peraih Medali Porprov XI NTB 2023 - Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Bupati Sumbawa Barat Terima Penghargaan Tribun Lombok Award 2023

17 Februari 2023 - 09:41

Bupati Sumbawa Barat Terima Penghargaan Tribun Lombok Award 2023 - Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Bupati Sumbawa Barat Kembali Gelar Yasinan Setiap Malam Jum’at

30 Agustus 2021 - 09:26

Bupati-Sumbawa-Barat-Kembali-Gelar-Yasinan-Setiap-Malam-Jumat
Trending di ADVERTORIAL
Don`t copy text!