Bupati Minta Dewan Pendidikan Difungsikan dan Didengar

Menu

Mode Gelap

ADVERTORIAL · 7 Feb 2018

Bupati Minta Dewan Pendidikan Difungsikan dan Didengar


Bupati Minta Dewan Pendidikan Difungsikan dan Didengar Perbesar

Taliwang, KOBAR – Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W. Musyafirin, M.M meminta agar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) memanfaatkan dengan baik keberadaan Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Rekomendasi Dewan Pendidikan, yakni Pemerataan dengan tiga turunan, Peningkatan Mutu dengan lima turunan dan Pengelolaan  Manajemen Pendidikan dengan empat turunan kegiatan, patut didengar dan dilaksanakan. Karena sekian rekomendasi ini sangat penting guna mendukung peningkatan mutu pendidikan di KSB. Hal itu disampaikan Bupati saat meresmikan gedung Sekretariat Dewan Pendidikan KSB, Selasa (6/02/2017).

Apalagi, lanjut Bupati, Dewan Pendidikan memiliki empat tupoksi yang sangat kompleks, dan sangat luas, karena Dewan Pendidikan lebih banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat. Empat tupoksi itu adalah, sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan sebagai mediator.

“Alhamdulillah, tahun 2017 SPM Pendidikan Dasar KSB lebih dari 75 persen, saya harap tahun ini  tinggal sedikit dikejar, sehingga tahun 2019 kita bisa tuntaskan,” kata Bupati.

Namun peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya membuat pintar anak-anak. Yang paling penting adalah upaya peningkatan pendidikan karakter. Anak anak kini pintar, namun jika tidak memiliki karakter agama maka akan lahir ekstrim kiri atau ekstrim kanan. Mudah-mudahan dewan pendidikan mampu melahirkan bukan hanya pendidikan yang berkualitas, namun juga menanam nilai karakter budi pekerti.

“Membangun karakter harus menyeluruh. Guru sebagai pendidik juga harus memberikan keteladanan kepada anak-anak. Mari kita bangun kerjasama, bangun silaturrahim, tidak mesti persoalan kita bisa selesaikan secara formal, tetapi juga bisa dengan non formal,” ajak Bupati.

Menurutnya, 2 tahun keberadaan Dewan Pendidikan telah dirasakan bermanfaatnya, bukan hanya oleh Dinas Dikpora, tetapi juga oleh Bupati dan Wakil Bupati. Berkat masukan dan rekomendasi Dewan Pendidikan, peningkatan mutu pendidikan di KSB dapat dilakukan.

“Dengan izin bapak ibu sekalian, dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan gedung Sekretariat Dewan Pendidikan KSB,” ucap Bupati, yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita di depan pintu Sekretariat Dewan Pendidikan, sebagai tanda peresmian.

Ketua Dewan Pendidikan KSB, H Ramli Ahmad SPd, dalam sambutannya, menyampaikan, bahwa sejak dilantik tahun 2016, pertemuan dan kegiatan Dewan Pendidikan selalu berpindah-pindah. Alhamdulillah hari ini, Dewan Pendidikan KSB telah memiliki kantor, meski kecil mungil, namun Insya Allah akan sangat berguna.

“Terima kasih Pak Bupati. Dengan terbangunnya gedung sekretariat ini, sama halnya dengan membangun pendidikan KSB yang lebih baik,” kata H Ramli.

Ia menjelaskan, bahwa Dewan Pendidikan memiliki empat tugas pokok, yakni sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan sebagai mediator. Tentunya dengan adanya Sekretariat yang refresentatif, akan meningkatkan kinerja, musyawarah-musyawarah Dewan Pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di KSB.

“Mudah-mudahan kerja kami semakin baik. Melalui kebersamaan untuk saling isi mengisi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, demi kelancaran tugas yang akan datang,” pungkasnya.

Gedung Sekretariat Dewan Pendidikan KSB, berada di komplek kantor Dinas Dikpora setempat. Pembangunan gedung ini, merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi yang tinggi Kepala Daerah untuk dunia pendidikan. Anggaran tahun 2017 untuk Dewan Pendidikan KSB, termasuk untuk pembangunan gedung Sekretariat, dikucurkan senilai  Rp 475,7 juta. Kemudian pada tahun 2018 senilai Rp 287 juta, untuk memperlancar empat program Dewan Pendidikan dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di KSB. (adv/hms)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 70
    KSB Bebas Dari KorupsiTaliwang, KOBAR - Pada acara pencananganan Zona Integrasi di Kecamatan Poto Tano, Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, menyatakan bahwa tidak ada ASN yang terlibat tindak pidana korupsi di masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati. “Sejak 2016 sampai saat ini alhamdulillah tidak ada ASN yang tersangkut korupsi. Ini…
  • 69
    Bupati Ajak Masyarakat Cintai Al-Qur’anMaluk, KOBAR - Ajang tahunan lomba seni membaca Alquran atau Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Sumbawa Barat kembali bergulir. Desa Pasir Putih Kecamatan Maluk menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke-15 tahun 2019 yang digelar 23 sampai 29 Juni. Sebelum dibuka resmi Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M, Minggu…
  • 63
    Aset KSB Tercatat Rp 2,5 TriliunTaliwang, KOBAR - Aset Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, sejalan pelaksanaan belanja modal daerah yang dialokasikan dalam APBD. Total aset daerah dari Rp 2,1 triliun pada tahun 2016 bertambah menjadi Rp 2,5 triliun pada tahun 2017. "Total aset itu mencakup tanah, bangunan, jalan, kontruksi,…
  • 63
    Bupati Gelontorkan Rp 2,8 Miliar Untuk Beasiswa Mahasiswa Berprestasi“381 Dari 982 Mahasiswa KSB Gagal Menerima” Taliwang, KOBAR – Setelah melalui proses seleksi dan verifikasi, akhirnya Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, menerbitkan Surat Keputusan (SK) bernomor 3087 Tahun 2019, tentang penetapan penerima beasiswa berprestasi. Dari 982 orang mahasiswa yang melamar, 601 orang yang lolos. Masing-masing…
  • 62
    Bupati Serahkan Paket Sarana Air Bersih dan Sanitasi Kepada 3.740 KKTaliwang, KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat memberikan paket sarana air bersih dan sanitasi kepada 3.740 kepala keluarga, di Desa Tuananga, Kecamatan Poto Tano, Selasa (20/02/2018). Hal itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin M.M,  kepada Kepala Desa Tuananga, mewakili para penerima. Sarana air bersih dan…
  • 62
    KSB 4 Kali Berturut-turut Raih Predikat WTPMataram, KOBAR - Tata kelola keuangan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tahun 2017 kembali meraih  predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Predikat tersebut diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan NTB, H Wahyu Priyono MM, di Aula Kantor BPK Perwakilan NTB, Mataram, Senin (28/5). Dengan demikian, sudah keempat…
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Bupati Sumbawa Barat Gelar Safari Ramadhan Tanpa Buka Puasa Bersama

25 Maret 2023 - 21:59

Bupati Sumbawa Barat Gelar Safari Ramadhan Tanpa Buka Puasa Bersama - Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Bupati Sumbawa Barat Dinilai Sukses Kelola Zakat, Infaq, dan Sedekah

22 Maret 2023 - 15:40

Bupati Sumbawa Barat Dinilai Sukses Kelola Zakat, Infaq, dan Sedekah - Baznas Award 2023

PNS KSB Bertambah 175 Orang, Bupati Ajak Hidup Sederhana

3 Maret 2023 - 09:43

PNS KSB Bertambah 175 Orang, Bupati Ajak Hidup Sederhana - Amar Nurmansyah - Sekda KSB

Bupati Sumbawa Barat Serahkan Bonus Bagi Peraih Medali Porprov XI NTB 2023

1 Maret 2023 - 13:41

Bupati Sumbawa Barat Serahkan Bonus Bagi Peraih Medali Porprov XI NTB 2023 - Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Bupati Sumbawa Barat Terima Penghargaan Tribun Lombok Award 2023

17 Februari 2023 - 09:41

Bupati Sumbawa Barat Terima Penghargaan Tribun Lombok Award 2023 - Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Bupati Sumbawa Barat Kembali Gelar Yasinan Setiap Malam Jum’at

30 Agustus 2021 - 09:26

Bupati-Sumbawa-Barat-Kembali-Gelar-Yasinan-Setiap-Malam-Jumat
Trending di ADVERTORIAL
Don`t copy text!