Kejar Predikat RS Type C, RSUD Asy-Syifa’ Sibuk Berbenah

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

igd-rsud

Kejar Predikat RS Type C, RSUD Asy-Syifa’ Sibuk Berbenah

Tuwuh: Sarana dan Prasarana Medis Segera Dilengkapi

Taliwang, KOBAR – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa Sumbawa Barat semakin gencar melakukan pembenahan dalam hal mengoptimalkan pelayanan kesehatan. Predikat Rumah Sakit (RS) type C yang disandang mengharuskan instansi kesehatan masyarakat ini mempersiapkan segalanya, baik dari segi pelayanan, fasilitas hingga ketersediaan paramedis handal dan kompeten.

Atas hal itu, RSUD yang berdiri megah di Jalan Lintas Sumbawa-Taliwang ini tengah mempersiapkan tiga orang tenaga medis dan paramedis untuk mengikuti pelatihan di sejumlah Rumah Sakit ternama di Jakarta dan pulau Jawa.

Plt. Direktur RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat, H Tuwuh S.AP, saat dikonfirmasi media ini membenarkan, pelatihan tenaga medis dan paramedis itu dipersiapkan dalam rangka meningkatkan pelayanan operasional RSUD.

“Benar, pelatihan tiga tenaga medis maupun paramedis tersebut kita persiapkan untuk menghadapi operasional pelayanan Cuci Darah (Hemodialisa) yang mulai dibuka sekitar pertengahan tahun ini,” ungkapnya.

Dijelaskan Tuwuh, tiga tenaga medis dan paramedis yang diberangkatkan tersebut akan mengikuti pelatihan selama tiga bulan. Di sana tenaga medis dan paramedis ini akan dilatih sesuai keahlian yang dimiliki, semisal dokter Spesialis Dalam akan mengikuti pelatihan di salah satu Rumah Sakit di Jawa serta Dokter umum menjalani pelatihan di salah satu Rumah Sakit di Jakarta.

“Begitu juga tenaga Perawat akan dilatih di salah satu Rumah Sakit di Jogjakarta,” terangnya.

Tuwuh kembali menegaskan, jika pihaknya berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.  Komitmen ini bahkan ditunjukkan dengan telah mendatangkan Dokter Spesialis Anestesi pada awal bulan ini.

“Kami juga berencana akan menambah sejumlah Dokter Spesialis dalam waktu dekat ini, diantaranya, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis radiologi,” terangnya.

Penambahan Dokter Spesialis itu tambah Tuwuh, tak lain untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan, termasuk untuk menyesuaikan  status RSUD Asy-Syifa’ yang menyandang type C. Pihaknya pun  tak henti-hentinya melakukan pembenahan yang terbaik untuk kemajuan RSUD. Perlahan tapi pasti, sarana dan prasarana kesehatan pun telah dilengkapi disesuaikan dengan standar, kelas maupun type RSUD. Atas upaya itu,  pihaknya juga telah mampu menurunkan angka rujukan pasien yang cukup signifikan.

“Meski belum seberapa tetapi kami telah mampu menekannya. Kecuali kasus yang membutuhkan penanganan khusus, baru kita rujuk ke Rumah Sakit lain di Provinsi NTB,” tukasnya seraya menambahkan, “Kalau masih bisa ditangani di RSUD KSB, kenapa mesti harus dirujuk ke Rumah Sakit lain. Standar  RSUD kita-kan cukup baik, hampir sama seperti sarana kesehatan yang dimiliki RSUD daerah lain,’’ demikian Tuwuh. (ktas)

About Post Author

Don`t copy text!