Kejar Akreditasi Perdana, Segenap Personil RSUD Asy-Syifa’ Kompak Bergerak

Kejar Akreditasi Perdana, Segenap Personil RSUD Asy-Syifa’ Kompak Bergerak

Direktur: IJS adalah Modal Utama

Taliwang, KOBAR – Manejemen beserta segenap personil Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’ Sumbawa Barat terus meningkatkan kinerjanya terutama dalam mengejar predikat akreditasi perdana. Hal tersebut dibuktikan dengan telah terbentuknya tim akreditasi.

Direktur RSUD Asy-Syifa’, dr Carlof Sitompul, mengatakan, meraih predikat akreditasi bukan hal yang mudah. Perlu perjuangan dan niat yang sungguh-sungguh. Cita-cita tersebut tidak mungkin diwujudkan oleh satu bidang pelayanan kesehatan saja, tetapi harus dilakukan secara bersama-sama.

“Target kita untuk tahun 2016 ini memang terfokus pada akreditasi perdana. Untuk itu, lewat terbentuknya tim akreditasi ini, harapan meraih predikat akreditasi bisa terwujud,” ungkap dr Carlof, sesaat setelah membubuhkan tanda tangan di baliho besar sebagai langkah awal mengejar komitmen akreditasi RSUD Asy-Syifa’.

Untuk meraih predikat tersebut, pihaknya bahkan telah melakukan berbagai persiapan yang terbagi dalam tiga tahapan. Pertama, penyusunan dokumen sebagai pendukung akreditasi, sosialisasi kebijakan RSUD kepada internal dan eksternal, dan terakhir mengimplementasikan kebijakan yang disosialisasikan. Selain itu, ketersediaan alat kesehatan (Alkes) juga masuk dalam salah satu indikator pendukung akreditasi.

“Alkes turut menjadi perhatian untuk meraih predikat akreditasi. Alkes kita masih ada yang kurang, sehingga kekurangannya akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah untuk dilengkapi,” timpalnya.

Ia menambahkan, dalam mengejar target akreditasi tersebut tentu ada kendala yang dihadapi. Kendala yang paling sulit adalah, merubah kebiasaan atau budaya ingin dilayani menjadi ingin melayani. Artinya, harus ada sebuah komitmen yang dibangun oleh tenaga kesehatan dalam memberikan kepuasan pelayanan kepada pasien.

“Memberikan pelayanan kesehatan pada pasien juga harus didasari dengan niat Ikhlas. Artinya, dari hati tanpa ada risih maupun takut. Setelah itu, bersikap Jujur dengan diri dalam menerapkan standar pelayanan dan Bersungguh-sungguh dalam bekerja serta memberikan yang terbaik untuk pasien,” gugahnya.

Ia kembali mengingatkan, perlu tekad yang kuat untuk meraih predikat akreditasi. Apalagi predikat itu akan mampu meyakinkan masyarakat baik dari sisi pelayanan yang diberikan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang benar dan bermutu.

“Jangan hanya wacana tetapi harus konsisten. Karena dalam proses persiapan akreditasi ini, tim dari pemerintah pusat juga akan menilai sejauh mana keseriusan RSUD Asy-Syifa’ mengejar akreditasi itu,” cetusnya seraya menambahkan, jika berhasil meraih predikat akreditasi, maka tidak menutup kemungkinan banyak pihak yang melirik RSUD Asy-Syifa’ untuk mengajak bekerjasama. (kjon/ktas)

Don`t copy text!