20/10/2020

PORTAL BERITA KOBAR

www.kobarksb.com

Eks Pasar Lama Taliwang Akan Disulap Jadi RTH

“Rp 4,8 Miliar APBN Siap Dikucurkan”

Taliwang, KOBAR – Eks Pasar Lama Taliwang dalam waktu dekat ini akan disulap menjadi ruang terbuka hijau (RTH) oleh pemerintah setempat. Penegasan tersebut disampaikan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbawa Barat sebagai realisasi dari program pengembangan kota hijau. 

“Pemerintah sebelumnya sudah menetapkan Eks Pasar lama Taliwang di Lingkungan Arab, Kelurahan Arab Kenangan (Arken) untuk jadikan ruang terbuka hijau (RTH),“ ungkap Kepala Bappeda Sumbawa Barat, DR Ir H Amry Rakhman M.Si.

Menurut Amry, selain menjadi target pemerintah, pembangunan RTH di lahan eks Pasar Lama Taliwang tersebut sekaligus untuk menindaklanjuti amanat dari UU No. 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang.

Baca Juga :  Lomba Sakeco Tingkat Pelajar Berujung Protes

“Pembangunannya juga untuk mendorong tercapainya luasan ruang terbuka hijau publik sebesar 20 persen dari luas perkotaan,” timpalnya.

Untuk menjadikan eks Pasar Lama itu sebagai ruang terbuka hijau (RTH), Ia bahkan mengakui akan menerima bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 4,8 miliar yang bersumber dari APBN lewat program pengembangan kota hijau.

“Perencanaannya sudah kita buat, kalau tidak ada aral melintang di tahun 2016 ini semunya dapat terealisasikan,“ terangnya.

Dalam pembangunannya nanti, RTH akan diisi oleh tumbuhan dan tanaman guna mendukung manfaat ekologi, sosial, budaya, ekonomi dan estetika serta dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi keluarga.

Baca Juga :  Rp 5 M Dana Bansos dan Hibah Dicoret Dari APBDP 2015

“Karena RTH yang akan dibangun ini sifatnya publik, maka penyediaan dan pemeliharaannya nanti menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah (Pemda),” cetusnya.

Bahkan kedepan dirinya berharap, ruang terbuka hijau untuk publik dan pribadi sekitar 30 persen dari luas wilayah Kota Taliwang dapat teralisasi dengan baik. Untuk mewujudkan itu semua, tentunya perlu keterlibatan semua pihak.

“Mudah-mudahan RTH kita terus bertambah setiap waktunya, agar tercapai target yang sudah direncanakan,“ pungkasnya. (ktas)

Baca Juga :  Penjabat Bupati KSB “Semprot” Aparatur Saat Apel Syukur

KOMENTAR

Komentar

Don`t copy text!